Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boleh Pakai Pertalite, Hyundai Jamin Garansi Stargazer Tak Gugur

Kompas.com - 01/09/2022, 11:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

MALANG, KOMPAS.com - Datang menawarkan beragam teknologi canggih di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), ternyata tak membuat Hyundai Stargazer terhalang mengonsumsi bensin murah jenis Pertalite.

Meski pada dasarnya pihak pabrikan menyarankan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan minimal 91, namun mesin 1.500 cc yang diusung Stargazer juga masih bisa menikmati BBM subsidi tersebut.

"Pada dasarnya yang direkomendasi adalah unleaded (tanpa timbal). Jadi memang untuk mengejar performa mobil-mobil kita ini kompresi juga tinggi, jadi butuh oktan yang tinggi juga," ucap Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), saat sesi media test drive Stargazer, di Malang, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Hyundai Stargazer Cetak 4.000 SPK, Model Captain Seat Paling Diminati

"Tapi apakah boleh pakai oktan yang rendah? pada dasarnya tampa timbal. Pertanyaannya boleh tidak (Stargazer) pakai Pertalite? boleh, kita tidak bisa melarang konsumen pada saat ingin memakainya," lanjutnya.

Hyundai Stargazer, MalangKOMPAS.com/STANLY RAVEL Hyundai Stargazer, Malang

Bahkan Makmur menjamin, konsumen Stargazer yang menggunakan bahan bakar subsidi jenis Pertalite tak akan menggugurkan garansi.

"Warranty (stargazer) gugur? tidak. Jadi ini clear ya, tidak ada masalah, yang penting bahan bakar tanpa timbal," kata Makmur.

Meski demikian, untuk mengejar performa yang lebih optimal, Makmur tetap menyarankan konsumen Stargazer memakai bahan bakar yang sudah direkomendasikan.

Baca juga: Jangan Salah, Mobil Pengguna Pertamax Juga Menikmati Subsidi

Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena selain bisa menjaga performa, penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Syarat dan cara daftar MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar secara online maupun offlineDok. Pertamina Syarat dan cara daftar MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar secara online maupun offline

"Kalau kita menggunakan kendaraan, kita harus mendapatkan fun to drive, maka kami rekomendasikan gunakanlah bahan bakar yang sesuai rekomendasi dari pabrikan," ujar Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com