Cegah Emosi, Jangan Tanggapi Pengendara Motor Provokator

Kompas.com - 30/08/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku pengendara motor yang ugal-ugalan di jalan memang kerap terlihat. Kadang, kelakuan orang yang ugal tadi membuat risih bahkan sampai kesal.

Maka tidak jarang ketika tersulut emosi, jadi ingin meladeni orang yang bertingkah seenaknya di jalanan. Padahal, ketika ikut terprovokasi, yang ada hanya rugi sendiri, tidak ada untungnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, agar tetap aman di jalan, ingat yang paling penting saat berkendara adalah sampai di tujuan dengan selamat.

Baca juga: Pengendara Motor Mengamuk hingga Rusak Spion Mobil di Depok

Pemudik bersepeda motor antre untuk memasuki Pelabuhan Merak di Banten, Sabtu (30/4/2022). Pelabuhan Merak dipadati puluhan ribu pemudik berkendaraan roda.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Pemudik bersepeda motor antre untuk memasuki Pelabuhan Merak di Banten, Sabtu (30/4/2022). Pelabuhan Merak dipadati puluhan ribu pemudik berkendaraan roda.

"Sehingga ketika ada hambatan di jalan kita lebih mementingkan keselamatan dibandingkan dengan emosi," ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, agar tidak mudah tersulut emosi di jalan, ingat yang menginginkan selamat bukan cuma diri sendiri, tapi orang yang menunggu di rumah atau di tempat tujuan.

"Ketiga, jangan mudah terpancing dengan provokasi yang dilakukan oleh pengendara lain yang membuat emosi kita menjadi naik," kata Agus.

Baca juga: Harga Honda Jazz Bekas Lebih Mahal daripada Brio Baru


Terakhir dan paling penting, menanggapi pengendara yang ugal-ugalan cuma membuat rugi sendiri. Selain buang-buang waktu, fisik dan mental juga jadi lelah karena harus meladeni orang tidak penting.

"Jika kita berkelahi atau berselisih paham di jalan, itu hanya akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain, tidak ada keuntungan apapun," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.