Agya GR Sport TGRI Buktikan Kelincahan di Kejurnas Slalom Tulungagung

Kompas.com - 30/08/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) kembali menuai prestasi dengan menyapu bersi podium Kejurnas F (modifikasi) seri ke-3 MLDSPOT Autokhana 2022, di Stadion Lembu Pateng, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (28/8/2022).

Kolaborasi handling Toyota Agya GR Sport dengan keahlian yang cakap, sukses membuat peslalom TGRI tampil mendominasi. Pencapaian ini pun menjadi yang ketiga kalinya diraih secara berturut-turut.

Hasilnya, peslalom TGRI masih memimpin klasemen sementara di Kejurnas F (modifikasi) dengan rincian 70 poin, Kejurnas Wanita 75 poin, dan Kejurnas Tandem 70 poin.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pemilihan Agya GR Sport menjadi senjata utama dalam berkompetisi di kejurnas slalom didasari performa dasarnya yang memilki handling dan mesin yang mumpuni.

"Kami bersyukur berkat skill dan pengalaman enginer TGRI dalam memenangi berbagai kejurnas, performa Agya GR Sport dapat dimaksimalkan dalam mendukung peslalom TGRI tampil konsisten dan memimpin klasemen di 3 Kejurnas hingga seri ke-3 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022 ini," ucap Anton, dalam keterangan resminya, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Menu Toyota Calya Bekas, Mulai Rp 106 Jutaan

Dengan desain compact ala sebuah hatchback, dimensi bodi Agya GR Sport yang sejatinya masuk dalam kelas mobil murah ramah lingkungan atau LCGC, memastikannya dapat bermanuver lincah di lintasan slalom.

Tim balap TGRITAM Tim balap TGRI

Sistem suspensi juga dipastikan dapat memberikan pengendalian yang baik bagi para pebalapa TGRI. Sementara dari dapur pacu, terdapat mesin berkapasitas 1.200 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS atau 86,7 tk pada 6.000 rpm dan torsi 11 Kgm pada 4.200 rpm yang turut berperan memaksimalkan performa bagi peslalom TGRI dalam mencatatkan waktu tercepat.

Pada Kejurnas F (Modifikasi) Adrianza #82 berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:45.951. Hasil positif tersebut diikuti rekan satu timnya, yaitu Herdiko #83, yang berada di podium kedua dengan catatan waktu 00:46.273 dan Anjasara #81 di podium ketiga dengan waktu 00:46.296.

Alinka Hardianti #7 yang turun di Kejurna wanita berhasil mempertahankan podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:50.646. Untuk Kejurnas Tandem, Adrianza dan Anjasara, meraih podium kedua dengan waktu 01:40.458, dan Anjasara di Kejurnas A dengan perolehan waktu terbaik 00:49.854.

TGRI turun di berbagai ajang kejurnas balap sebagai program jangka panjang Toyota untuk memperoleh berbagai ilmu serta data riset dari sirkuit dan jalan raya.

Para engineer berusaha untuk meningkatkan performa kendaraan, termasuk Agya GR Sport dengan tetap menjaga daya tahan di tengah persaingan yang kompetitif bermodalkan masukan pembalap juga data dari mobil yang digunakan saat berkompetisi.

Baca juga: BERITA FOTO: Pemerintah Blak-blakan Kisaran Kenaikan Harga Pertalite

Toyota Agya GR Sport TGRITAM Toyota Agya GR Sport TGRI

Keuntungannya, data yang didapatkan untuk menciptakan mobil balap yang lebih kompetitif ini, akan menjadi modal utama bagi pabrikan untuk mengembangkan teknologi baru guna menghadirkan ever-better cars.

"Podium yang berhasil diraih peslalom TGRI pada ajang MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022 Seri ke-3 merupakan bukti keandalan Agya GR Sport di arena slalom. Selain itu prestasi ini juga membuktikan komitmen engineer TGRI dalam memperkuat daya saing Agya GR Sport sudah berada di jalur yang tepat," ujar Marketing Director PT TAM Fumitaka Kawashima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.