Kompas.com - 28/08/2022, 12:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Memeriksa tekanan udara ban menjadi salah satu bentuk perawatan wajib yang harus dilakukan.

Karena dalam jangka waktu tertentu, udara di dalam ban bisa berkurang. Namun selain itu, penting juga memperhatikan tutup jalan masuknya udara, yakni tutup pentil ban

Tak sedikit sampai saat ini pemilik mobil yang menggangap tutup pentil ban hanya sebagai aksesoris saja. Padahal meyepelekan fungsinya bisa merepotkan.

Perawatannya pun tidaklah sulit, yang terpenting menjaganya selalu tertutup rapat. Tapi pada kenyataannya banyak yang menganggap sepele fungsi tutup pentil ban. 

Baca juga: Jangan Salah, Mobil Pengguna Pertamax Juga Menikmati Subsidi

Bahkan, sering dijumpai sebagian pemilik yang membiarkan ban mobilnya tidak menggunakan tutup pentil. 

Perlu diketahui fungsi dari tutup pentil tak hanya pelengkap atau aksesoris, tapi untuk mengencangkan isi pentil atau core. 

Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia mengatakan, core bertugas menahan udara keluar agar ban tidak kempis. Ada penutup berbahan karet, sehingga tekanan udara ban tidak berubah. 

Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.                    Bridgestone Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.

"Tutup pentil ban itu berguna membuka atau mengencangkan tutup pentil. Sebenarnya untuk mengencangkan, tapi sekaligus juga menahan tekanan udara dari dalam ban," ucap Aan kepada Kompas.om, Sabtu (27/8/2022). 

Jika ditemukan kasus core yang kendur, maka udara di dalam ban bisa keluar secara perlahan atau biasa disebut bocor halus.

Karena itu, sebagian pabrikan membuatkan tutup pentil yang memiliki fungsi untuk mengencangkan core.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.