Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemesanan Hyundai Stargazer Kalahkan Toyota Avanza di GIIAS 2022

Kompas.com - 26/08/2022, 15:27 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 menjadi pembuktian bagi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) atas model terbarunya, yakni Stargazer. Mobil tersebut berhasil jadi yang terlaris selama GIIAS 2022 berlangsung.

Menurut keterangan resmi dari HMID, Stargazer berhasil meraup ribuan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Tepatnya, ada 1.585 SPK hanya untuk Stargazer. Sedangkan untuk Creta, juga tembus ribuan, yakni 1.191 SPK.

Baca juga: Tips Modifikasi Interior Hyundai Stargazer, Cermati Pilihan Warna

Jumlah tersebut mengalahkan kompetitornya, yakni All New Toyota Avanza. Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut mendapatkan 926 SPK. Terbanyak kedua dari Toyota adalah Raize dengan 756 SPK.

Toyota AvanzaKompas.com/ApridaMegaNanda Toyota Avanza

Hasil tersebut membuktikan bahwa pamor Stargazer bisa mengalahkan Avanza. Namun, ini hanya di GIIAS 2022 saja, sedangkan untuk penjualan secara nasional, masih dipimpin oleh Avanza.

Menurut data dari Gaikindo di Juli 2022, Toyota Avanza berhasil terjual sebanyak 7.542 unit. Kenaikannya mencapai 1.470 unit, dari sebelumnya 6.172 unit. Sementara Stargazer, terjual sebanyak 500 unit, karena mobilnya juga baru meluncur pada Juli 2022.

Baca juga: Pasar LMPV Bergairah, Avanza Dominan, Stargazer Salip Confero

Secara fitur, kedua mobil ini bersaing cukup ketat. Masing-masing dilengkapi dengan fitur bantuan pengemudi. Dilihat dari segi harga, Avanza dan Stargazer juga tipis bedanya.

All New Avanza dibanderol mulai Rp 233,1 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 295,8 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Stargazer, dipasarkan dengan harga mulai Rp 243,3 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 308,1 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com