Kompas.com - 26/08/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan New Xpander Cross pada 11 Agustus 2022. Banyak ubahan yang menjadikan model ini jauh lebih menarik ketimbang versi sebelumnya.

Selain tentunya eksterior dan interior mengalami ubahan, paling menarik perhatian, yaitu tentang penyematan fitur Active Yaw Control (AYC), dan penyempurnaan suspensi sehingga lebih nyaman.

Gayung bersambut, MMKSI pun mengajak awak media otomotif nasional untuk menjajal fitur tersebut, termasuk redaksi KOMPAS.com ikut mengeksplorasi fitur terbaru, yaitu AYC tersebut di lintasan yang sudah dibikin oleh Mitsubishi.

Baca juga: Cek Harga Mitsubishi Xpander Bekas, Mulai Rp 209 Jutaan

“Dalam pengujian kali ini, kita sudah siapkan beberapa rintangan untuk menjajal fitur terbaru pada New Xpander Cross ini. Silahkan bisa dicoba sekamsimal mungkin dan rasakan sensasinya,” tutur Arif Dwianto, Head of Training Section Dealer Operation Quality Department PT MMKSI di Kawasan Serpong belum lama ini.

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Cross

Rangkaian pengujian pun dimulai, setelah duduk di posisi jok sebagai pengemudi, tahapan pertama diberikan jalan biasa dan diujungnya ada polisi tidur berjumlah banyak. Tujuannya, yaitu mencoba sensasi peredam kejut.

Sebab, pada New Xpander Cross ini MMKSI melakukan penyempurnaan sehingga diklaim semakin nyaman dan stabil ketika dikendarai. Alhasil, ketika melintasi rintangan pertama, memang terasa lebih halus sehingga pengemudi dan penumpang tidak terlalu terpontang-panting.

Masuk ke rintangan selanjutnya, ada arena yang dibuat menikung tapi dengan rang yang kecil. Tujuannya untuk membuktikan radius putas New Xpander Cross ini begitu kecil, sehingga lebih mudah dikendalikan, terutama ketika jalan berkelok.

Berkat radius putar 2,5 meter maka ketika putar balik tidak harus melakukan koreksi yang begitu banyak.

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Cross

Selanjutnya, masuk ke area pengujian fitur terbaru, yaitu Active Yaw Control (AYC), di mana New Xpander Cross ini diuji di lintasan basah dan menikung.

Fitur ini sangat membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan, khususnya ketika bermanuver secara tepat atau di jalan yang licin.

Ketika dicoba di lintasan basah dan licin, memang sangat terasa perbedaannya dengan Xpander Cross versi sebelumnya di mana belum dibekali fitur AYC ini.

Fitur ini sangat membantu meningkatkan rasa aman dan percaya diri ketika bermanuver di jalan licin. Bagian bodi belakang mobil tidak terlalu membuang ke arah kiri atau kanan.

Kesimpulannya, fitur tersebut dinilai begitu mempunya peran yang penting, apalagi di jalanan Indonesia ini cukup beragam konturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.