Performa Naik 86 Persen, Planet Ban Sasar Bisnis Servis Mobil

Kompas.com - 25/08/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surganya Motor Indonesia atau biasa dikenal Planet Ban memastikan akan melanjutkan ekspansinya setelah membuka toko ke-1.000 dengan misi jangka panjang pada industri otomotif nasional.

Hal terkait sejalan dengan kinerja bisnis yang berhasil mencapai pertumbuhan 86,7 persen dalam setahun pada periode 2021. Padahal kala itu, mobilitas dari masyarakat masih dibatasi imbas pandemi Covid-19.

Meski demikian, dikataan oleh Chief Executive Officer Planet Ban Andi Haryoko, perusahaan tidak tidak akan berhenti untuk berinovasi. Khususnya untuk bisa menghadirkan layanan optimal dan mengembangkan produk pendukung para pengendara.

Baca juga: Transaksi Kredit Kendaraan di GIIAS 2022 Tembus Rp 1,5 Triliun

Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil. DOK. TAM. Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil.

"Berawal dari kesuksesan konsep private brand pada komersialisasi ban, Planet Ban mulai fokus mengembangkan produk-produk pendukung gaya hidup atas pengendara roda dua seperti oli, servis, dan sparepart secara mandiri," kata dia dalam wawancara terbatas di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Salah satu bisnis yang disasar ialah pada segmen kendaraan roda empat. Hal ini guna menangkap peluang industri seiring bertambahnya pengguna mobil di Indonesia.

Karena itulah, Planet Ban mengakuisisi perusahaan ritel jasa servis kendaraan roda 4 yakni Mobeng, pada akhir tahun 2021. Di mana jumlah tokonya sudah sekitar 17 toko yang tersebar di Jabodebek dan Surabaya.

Andi mengatakan, Planet Ban memiliki rencana besar dalam waktu 2-3 tahun ke depan untuk mendiversifikasi bisnis lebih luas lagi.

Baca juga: Merawat Kendaraan Sendiri di Rumah Tanpa Harus ke Salon Mobil

Seremoni pembukaan toko ke-1.000 Planet BanKOMPAS.com/Ruly Seremoni pembukaan toko ke-1.000 Planet Ban

Lewat rencana ini, Planet Ban berencana melakukan penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) untuk mendukung ekspansi tersebut.

"Kami akan bereksperimen. Namun tidak semua eksperimen berlanjut ekspansi," kata dia.

Diketahui, sejak 2018 Planet Ban yang berfokus pada komersialisasi produk ban akhirnya mulai menyediakan jasa servis kendaraan bermotor. Jasa servis Planet Ban diklaim menjaring lebih dari 1,5 juta motor sepanjang 2021.

Dari pengembangan produk, perseroan bahkan telah memiliki merek sendiri yaitu Oli Xten yang dikembangkan menggunakan teknologi Ester buatan anak bangsa. Namun bahan bakunya, diakui beberapa masih diimpor meski Andi enggan menjelaskan lebih jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.