Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Indikator Bahan Bakar Mobil Tak Berfungsi

Kompas.com - 23/08/2022, 15:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Indikator BBM merupakan fitur pelengkap untuk mengetahui perkiraan jumlah bahan bakar yang ada di dalam tangki mobil.

Fitur ini cukup penting, sehingga bisa membuat pengendara terhindar dari kemungkinan mobil mogok karena kehabisan bahan bakar.

Indikator ini pun cukup mudah dipahami, jika jarum menunjukkan E maka bahan bakar hampir habis dan jika jarum menunjukkan huruf F maka masih penuh.

Begitu juga bila jarum menunjukkan pada skala tersebut baik setengah, seperempat atau tigaperempat.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Masih Bisa Jalan meskipun Indikator Bensin E

Speedometer InnovaKompas.com Speedometer Innova

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan bila indikator bahan bakar bermasalah maka penanganannya cukup mudah karena komponen utamanya sederhana.

“Jika indikator bahan bakar rusak atau mati, maka sumbernya cukup area pelampung bahan bakar di tangki, kabelnya, dan speedometer-nya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Dia mengatakan sebelum membongkar pelampung, sebaiknya diperiksa dulu apakah listriknya sampai ke perangkat pelampungnya atau tidak.

Baca juga: Pengguna Mobil Diesel, Jangan Sepelekan Bila Indikator Ini Menyala

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

“Jika arus listrik sampai, maka pembongkaran perlu dilakukan untuk memastikan perangkat pelampungnya, jika arus listriknya tidak ada, perlu dicari apa penyebab listrik tidak mengalir, apakah kabel putus dan lain sebagainya,” ucap Ibrohim.

Lebih lanjut Ibrohim mengatakan, pelampung pada mobil-mobil modern menggunakan tahanan variable, jika rusak maka harus diganti.

“Sementara dibersihkan tahanannya dulu sambil dipastikan tidak ada benda yang membuat pelampung nyangkut, setelah itu diukur tahanannya apakah masih masuk spek atau tidak,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Kenali Penyebab Indikator Airbag Mobil Menyala

perawatan pompa bensin Agus Setiawan perawatan pompa bensin

Dia mengatakan untuk mobil-mobil lawas tahun 1990-an ke atas, pelampungnya masih mengguanakan lilitan, begitu juga dengan indikator di speedometer-nya.

“Jika lilitan masih bisa diperbaiki, berbeda dengan variable resistor yang kalau rusak minta ganti yang baru,” ucap Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com