Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Tangki Mobil Tak Sekadar Sebagai Wadah Bahan Bakar

Kompas.com - 22/08/2022, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Tak sekadar sebagai penampung bahan bakar, di dalam tangki mobil ternyata ada komponen-komponen yang berguna untuk meredam guncangan

Sebab, bila bahan bakar terguncang, dikhawatirkan terjadi penguapan yang berlebih dan menyebabkan tidak terpompa dengan baik.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, di dalam tangki ada beberapa komponen yang bertugas menjaga kestabilan permukaan bensin.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Kuras Tangki BBM Mobil?

Foto tangki bensinZulfana K. Rijal Foto tangki bensin

“Ada separator yang bertugas meredam ombak permukaan bahan bakar ketika mobil terkena guncangan dari jalan, separator sebenarnya hanya pelat yang menyekat tangki bahan bakar menjadi beberapa bagian dari atas, sehingga bagian bawahnya terhubung,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Ibrohim menjelaskan, separator memiliki beberapa manfaat, salah satunya memastikan pelampung untuk mengukur volume bahan bakar tetap stabil.

Jika tidak ada separator, mungkin saja indikator bensin bisa berubah-ubah ketika mobil melewati jalan bergelombang.

“Ada juga tangki khusus yang mengelilingi area pompa bensin, ini ada di jenis pompa bensin yang ada di dalam tangki, tujuannya agar tidak ada jeda suplai bahan bakar ketika volume bensin sedang sedikit lalu mobil terkena guncangan,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Cara Sederhana Cegah Tangki BBM Motor Karatan

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

Dia mengatakan dengan adanya tangki kecil di sekitar pompa, akan membuat bensin selalu tersedia di area pompa, sehingga bisa langsung tersalurkan.

"Hal itu juga akan memastikan bahan bakar tetap ada di dekat area pompa ketika kendaraan dalam posisi miring, baik nanjak atau pun turun," ucap Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com