Adu Fitur Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 22/08/2022, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas soal eksterior, interior dan performa antara Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla, kini saatnya tim redaksi membahas soal fitur yang ada pada kedua mobil ini.

Sebagai informasi, kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin dengan kapasitas 998 cc, hanya saja berada di segmen yang berbeda. S-Presso berada di segmen city car, sementara Daihatsu Ayla berada di segmen LCGC.

Lantas, jika berbicara soal fitur, kira-kira mana yang lebih lengkap?

Baca juga: Bahas Performa dan Konsumsi BBM Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla

Kita awali dengan yang dimiliki oleh Suzuki S-Presso. SUV Kompak dari Suzuki mengusung teknologi yang cukup mumpuni pada sektor hiburannya.

Dibekali layar 6,8 inci, head unit ini dapat terintegrasi dengan radio FM/AM, USB, dan mirror link. Sayangnya, untuk mengakses fitur yang ada pada head unit belum bisa dioperasikan melalui lingkar kemudi.

Suzuki S-PressoKompas.com/Donny Suzuki S-Presso

S-Presso dibekali dengan electronic power window, tapi hanya untuk kaca jendela baris pertama saja. Sedangkan baris kedua, masih menggunakan manual alias engkol.

Panel meternya sudah digital, tapi hanya menampilkan speedometer, fuel meter, dan informasi penting lainnya. Tidak ada tachometer seperti panel meter mobil pada umumnya.

Dari segi fitur keselamatan dan berkendara, S-Presso dibekali dengan SRS Front Dual Airbags, Rear Parking Sensor, Immobilizer, dan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS).

Sementara, Daihatsu Ayla untuk varian 1.000 cc, masih menggunakan audio 2DIN, di mana belum menggunakan head unit layar sentuh seperti yang dimiliki oleh Suzuki S-Presso. Namun, untuk varian Ayla 1.200 cc yang sudah dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci.

Baca juga: Mengulas Tampilan Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla

Interior AylaStanly/Otomania Interior Ayla

Daihatsu Ayla juga sudah dilengkapi dengan MID, tachometer, eco indicator dan sun visor bagi penumpang.

Adapun untuk power window, sudah disematkan pada kaca jendela baris pertama dan baris kedua.

Menyoal fitur keselamatan, Daihatsu Ayla 1.0 hanya dibekali sabuk pengaman di tiap titik dan peredam tabrak di bagian samping. Sementara untuk SRS Airbag, stabilizer, ABS+EBD, hingga immobilizer, hanya disematkan pada varian 1.200 cc. Artinya, untuk varian mesin 1.000 cc sangat minim fitur keselamatan.

Baca juga: Usai Meluncur di GIIAS 2022, New Xpander Cross Akan Mejeng di 20 Kota

Secara keseluruhan, fitur yang disematkan pada kedua mobil ini masih terbilang minim, mengingat rentang harga yang ditawarkan keduanya tidak lebih dari Rp 150 juta. Hanya saja, untuk mobil dengan mesin 1.000 cc, Suzuki S-Presso lebih lengkap menyoal fitur hiburan dan keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.