Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Berkembang, Inden Mobil Hybrid Toyota Inden 2-3 Bulan

Kompas.com - 21/08/2022, 15:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa jajaran kendaraan elektrifikasi yang ditawarkan selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 menjadi salah satu buruan pengunjung.

Terbukti, selama sembilan hari penyelenggaraan pameran yaitu 11-19 Agustus 2022, sudah ada 70 unit mobil elektrifikasi yang dipesan dengan mayoritas datang dari model Corolla Cross Hybrid.

Hanya saja, sebagaimana dikatakan Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy, konsumen harus sedikit bersabar karena masa tunggu atau indennya mencapai 2-3 bulan sejak pemesanan.

Baca juga: Toyota Cetak 3.260 SPK di GIIAS 2022

"Betul (inden 2-3 bulan). Ini berlaku untuk semua wilayah karena saya rasa mobil hybrid sekarang itu tidak hanya di Jakarta saja tetapi juga beberapa kota besar lain," ucapnya saat ditemui di GIIAS 2022, ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (20/8/2022).

Anton menjelakan, faktor terjadinya inden karena terbatasnya beberapa komponen penting seperti cip semikonduktor dan material baterai. Sementara permintaannya di pasar global, mulai meninggi.

Hal serupa juga dikatakan Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam kesempatan terpisah. Namun, pihaknya terus berupaya untuk kerap memberi informasi tekini mengenai perkembangan masa tunggu.

Baca juga: Debut di GIIAS 2022, Toyota GR 86 Sudah Sold Out

Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.CUTENK Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.

"Oleh karena itu, kita mendorong untuk local production mobil hybrid. Semoga dengan langkah tersebut, persiapannya jadi lebih baik, volumenya lebih besar, dan mudah-mudahan bisa jadi jawaban kebutuhan konsumen," kata Anton.

Hanya saja, Anton masih enggan untuk mengungkapkan model kendaraan hybrid apa yang hendak diproduksi oleh Toyota Indonesia dalam waktu dekat. Tetapi yang pasti, sesuai dengan kebutuhan pasar dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com