Kompas.com - 21/08/2022, 13:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski mudah dan praktis untuk dikendarai, namun memiliki mobil transmisi matik juga ada ada kensekuensinya.

Salah satunya dalam hal perawatan yang lebih boros, terutama untuk pergantian kampas rem yang sangat diandalkan untuk melambatkan serta memberhentikan laju mobil matik.

Namun demikian, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa diterapkan pengguna mobil matik agar kampas rem lebih awet.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, ada beberapa hal wajib diperhatikan supaya kampas rem mobil lebih awet.

Baca juga: Waspada Jangan Pakai Kampas Rem Tromol Mobil Abal-abal

Tak hanya perawatan saja, namun terpenting soal penggunaan harian. Termasuk, sparepart pengganti yang digunakan harus benar-benar original. 

Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar Dicky Aditya Wijaya Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar

"Nomor satu perawatan berkala setiap 10.000 kilometer (km) atau maksimal enam bulan sekali. Kotoran yang menempel di bagian disc brake bisa menggangu kinerja rem. Kedua, part pengganti harus diperhatikan, pakai part abal-abal alias KW malah bisa menyebabkan disc brake bergelombang," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (20/8/2022). 

Selain itu, kata dia,  penyebab terbesar kampas rem habis lebih cepat dikarenakan gaya mengemudi. Perilaku agresif tanpa disadari membuat paduan gas dan rem terlalu berlebihan. 

"Asal bejek lalu rem ada banyak kerugian yang di dapatkan. Selain BBM lebih boros, pengereman secara mendadak bisa menyebabkan umur pakai kampas habis duluan," katanya. 

Menurutnya, ada kebiasaan buruk lainnya, pengemudi mobil cenderung suka menginjak rem saat berhenti. 

Baca juga: Lebih Dekat dengan Daihatsu Rocky Hybrid

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

"Berhenti di lampu merah sebaiknya gunakan rem tangan dan pindah posisi transmisi ke netral (N). Membiarkan mobil berhenti pakai gigi D dan rem di injak, tak hanya rem yang terpengaruh tetapi juga kurang baik bagi komponen transmisi," tutur Bambang. 

Bambang juga menyarankan agar pemilik mobil melakukan pergantian minyak rem sesuai jadwal. Spesifikasi yang digunakan juga harus sesuai standar agar sistem rem tetap aman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.