Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2022, 10:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era kendaraan listrik, sejumlah produsen otomotif saat ini tengah berlomba-lomba menghadirkan produk-produk terkini mulai dari mobil-mobil hybrid hingga battery electric vehicle (BEV).

Tak terkecuali Lexus Indonesia yang tengah gencar memasarkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan menghadirkan 100 persen unit display berteknologi listrik di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Tak hanya itu, bahkan salah satu unit mobil listrik Lexus yakni UX 300e bakal menjadi salah satu mobil listrik para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Baca juga: Sampai Hari ke-10, Jumlah Pengunjung GIIAS 2022 Tembus 330.000 Orang

Lantas, adakah rencana Lexus untuk memproduksi lokal kendaraan elektrifikasinya?

Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah fokus memperkenalkan dan mempopulerkan kendaraan listrik dari Lexus di Tanah Air. Namun, tak menutup kemungkinan nantinya kendaraan listrik Lexus akan diproduksi secara lokal.

Lexus UX 300e jadi mobil listrik resmi KTT G20.DOK. Lexus Indonesia. Lexus UX 300e jadi mobil listrik resmi KTT G20.

“Pastinya kita melihat bagaimana cara mempopulerkan kendaraan ini terlebih dahulu. Dan pastinya kami selalu diskusi kepada prinsipiel bagaimana bisa diproduksi di Indonesia,” ucap Bansar, belum lama ini di ICE BSD, Tangerang.

Bansar melanjutkan, untuk memperkenalkan kendaraan secanggih Lexus memerlukan investasi yang cukup besar dan waktu yang cukup lama.

“Kami bukan hanya menyediakan kendaraan full battery, tetapi ada hybrid dan plug-in hybrid juga,” kata dia.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2022, Bastianini Pole Position

Sebagai informasi, Lexus telah meluncurkan model mobil listrik pertamanya yaitu UX 300e yang dilengkapi dengan kapasitas baterai lithium-ion sebesar 54.3 kWh. Dalam kondisi penuh baterai tersebut mampu menempuh jarak 300 km WLTP.

Tak sampai disitu, menunjukan keseriusan dalam era elektrifikasi, Lexus Indonesia juga meluncurkan varian baru dari Sub Compact Luxury SUV yakni UX 250h yang tersedia dalam varian F Sport.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.