Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Lexus Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 21/08/2022, 10:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era kendaraan listrik, sejumlah produsen otomotif saat ini tengah berlomba-lomba menghadirkan produk-produk terkini mulai dari mobil-mobil hybrid hingga battery electric vehicle (BEV).

Tak terkecuali Lexus Indonesia yang tengah gencar memasarkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan menghadirkan 100 persen unit display berteknologi listrik di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Tak hanya itu, bahkan salah satu unit mobil listrik Lexus yakni UX 300e bakal menjadi salah satu mobil listrik para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Baca juga: Sampai Hari ke-10, Jumlah Pengunjung GIIAS 2022 Tembus 330.000 Orang

Lantas, adakah rencana Lexus untuk memproduksi lokal kendaraan elektrifikasinya?

Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah fokus memperkenalkan dan mempopulerkan kendaraan listrik dari Lexus di Tanah Air. Namun, tak menutup kemungkinan nantinya kendaraan listrik Lexus akan diproduksi secara lokal.

Lexus UX 300e jadi mobil listrik resmi KTT G20.DOK. Lexus Indonesia. Lexus UX 300e jadi mobil listrik resmi KTT G20.

“Pastinya kita melihat bagaimana cara mempopulerkan kendaraan ini terlebih dahulu. Dan pastinya kami selalu diskusi kepada prinsipiel bagaimana bisa diproduksi di Indonesia,” ucap Bansar, belum lama ini di ICE BSD, Tangerang.

Bansar melanjutkan, untuk memperkenalkan kendaraan secanggih Lexus memerlukan investasi yang cukup besar dan waktu yang cukup lama.

“Kami bukan hanya menyediakan kendaraan full battery, tetapi ada hybrid dan plug-in hybrid juga,” kata dia.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2022, Bastianini Pole Position

Sebagai informasi, Lexus telah meluncurkan model mobil listrik pertamanya yaitu UX 300e yang dilengkapi dengan kapasitas baterai lithium-ion sebesar 54.3 kWh. Dalam kondisi penuh baterai tersebut mampu menempuh jarak 300 km WLTP.

Tak sampai disitu, menunjukan keseriusan dalam era elektrifikasi, Lexus Indonesia juga meluncurkan varian baru dari Sub Compact Luxury SUV yakni UX 250h yang tersedia dalam varian F Sport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com