Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pamer Mobil Balap Formula 1 Bermesin Hybrid di GIIAS 2022

Kompas.com - 20/08/2022, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Salah satu yang menarik di booth Honda pada ajang GIIAS 2022 adalah special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B tersebut ditampilkan dalam skala 1:1 yang digunakan pada ajang balap F1 tahun 2021.

Seperti diketahui, Red Bull Racing Honda menggunakan sasis mobil dengan kode RB16B serta menggunakan mesin turbo hybrid Honda berkode RA621H.

Mesin turbocharged dari Honda ini mempunyai kapasitas mesin 1.6 Liter, injeksi, enam silinder (V6) yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 900 tk serta putaran mesin maksimum 15.000 rpm.

Baca juga: Ubah Interior Fortuner Jadi Seperti Alphard Rogoh Kocek Rp 130 Juta

Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B di ajang GIIAS 2022Dok. HPM Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B di ajang GIIAS 2022

Mesin balap tersebut juga dikombinasi dengan komponen kinetic and thermal energy recovery system (motor electric). Tercatat, Honda mulai menggunakan mesin balap tersebut di ajang balap Formula 1 pada tahun 2015 hingga sekarang ini.

“Mobil Formula 1 yang kami tampilkan merupakan wujud dari kombinasi antara kecintaan Honda terhadap dunia balap dan visi Honda untuk mengembangkan mesin yang lebih ramah lingkungan,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Sabtu (20/8/2022).

“Kesuksesan tim Red Bull Racing Honda yang menjadi juara dunia dengan menggunakan mobil ini menjadi bukti bahwa mesin turbo hybrid yang ramah lingkungan juga dapat menghasilkan performa luar biasa yang selalu menjadi karakter mesin-mesin Honda,” kata dia.

Baca juga: Impresi Awal Coba Hyundai Stargazer di Jalan Raya

Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16BDok. HPM Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B

Pada akhir tahun 2021, Honda berhasil meraih gelar juara dunia untuk kategori pembalap yang dipersembahkan oleh pembalap tim Red Bull Racing Honda yaitu Max Verstappen.

Gelar juara dunia ini merupakan yang pertama kalinya untuk Honda di era balap F1 modern atau era F1 turbo hybrid dan juga pertama kali sejak terakhir kali meraih gelar juara dunia di tahun 1991 atau tepat 30 tahun silam.

Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B yang ditampilkan kali ini menggunakan livery khusus dengan corak warna korporat Honda yaitu; putih dan merah serta bertuliskan kata-kata Arigatou” dalam bahasa Jepang, atau Terima Kasih dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: Mazda Dikabarkan Bakal Bikin Pabrik di Indonesia

Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B di ajang GIIAS 2022Dok. HPM Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B di ajang GIIAS 2022

Livery khusus ini disiapkan oleh Honda sebagai bentuk ungkapan rasa Terima Kasih sekaligus perpisahan kepada para penggemar balap khususnya ajang balap Formula 1.

Setelah mundur dari Formula 1 pada akhir tahun 2021, Honda kemudian menunjuk Honda Racing (HRC) dalam melanjutkan peranan Honda di ajang balap Formula 1 untuk mengembangkan serta menyuplai mesin balapnya kepada tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri mulai tahun 2022 ini.

Pada awal Agustus tahun ini, Honda dan Red Bull telah mengumumkan untuk melanjutkan kerjasama dalam bidang teknis dimana Honda Racing Corporation (HRC) memutuskan untuk mensuplai mesin balap (power unit) untuk kedua tim hingga akhir tahun 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com