Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Singkat S-Presso yang Jadi Mobil Termurah Suzuki

Kompas.com - 18/08/2022, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - S-Presso resmi menjadi mobil murah Suzuki yang telah diluncurkan pada hari pertama pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Mobil ini menjadi pilihan baru di segmen city car Tanah Air yang dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan harga Rp 155 juta hingga Rp 164 juta.

Banderol tersebut setara dengan kisaran mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC). Bahkan dibanding para rival di segmennya, Suzuki S-Presso jadi pilihan paling murah.

Nah, bila sebelumnya membahas soal tampilan luar dan dalam, termasuk urusan fitur yang tersedia, giliran mengulik sedikit sensasi berkendara di arena test drive terbatas yang ada di GIIAS 2022.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro, Siap Jadi Pilihan Baru SUV Keluarga di Indonesia

Setelah mendapatkan kunci, redaksi langsung menuju unit Suzuki S-Presso dengan transmisi auto gear shift (AGS). Perdana mendengarkan suara mesin dari dalam kabin, masih cukup halus.

Suzuki S-Presso dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). S-Presso dibanderol Rp 155 juta untuk transmisi manual dan Rp 164 juta untuk AGS.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Suzuki S-Presso dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). S-Presso dibanderol Rp 155 juta untuk transmisi manual dan Rp 164 juta untuk AGS.

Namun jangan berharap sudah dilengkapi tombol start-stop engine, karena ritual menyalakan mobil masih dilakukan secara manual alias menggunakan anak kunci.

Begitu juga ketika akan mencari posisi terbaik untuk visibiliatas kaca spion, baik kanan dan kiri, yang dilakukan melalui tuas kecil.

Handling

Lepas rem tangan dan geser tuas transmisi ke posisi D, butuh sedikit injakan gas untuk membantu S-Presso keluar dari tenda arena test drive. Sesaat kemudian, laju mobil sudah bisa dikontrol dengan baik.

Hal pertama yang redaksi rasakan langsung ke masalah handling. Dengan panjang 3.565 mm, lebar 1.520, tinggi 1.565 mm, dan memiliki radius putar sebesar 4.5 meter, S-Presso cukup menarik diajak bermanuver u-turn, apalagi sudah ditunjang dengan keberadaan power steering.

Secara keseluruhan, soal kelincahan kemudi S-Presso masih cukup baik, cocok untuk karater penggunaan mobil dalam kota yang lebih banyak dihadapi kondisi kepadatan lalu lintas. Begitu juga untuk yang tinggal di daerah padat dengan dimensi jalan yang tak terlalu besar.

Baca juga: New Baleno, Modal Suzuki Bersaing di Segmen Hatchback


Meski dimensinnya kecil, namun sajian visual ke depan masih terasa lapang. Sayangnya, pengendara tak bisa terlalu berharap lebih lantaran untuk kenyamanan kemudi tak dilengkapi tilt and telescopic steering wheel.

Bahkan jok pengendara pun hanya sekadar reclining, tanpa adanya adjuster untuk meninggikan atau merendahkan posisi duduk berkendara.

Performa

Mengusung mesin K10B berkubikasi 998 cc tiga silinder, S-Presso diklaim mampu memproduksi tenaga sebesar 65,6 tk pada 5.500 rpm dan torsi 89 Nm pada 3.500 rpm.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com