Kompas.com - 16/08/2022, 11:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro bawa satu bus dengan kabin yang spesial, dipesan khusus oleh Oppal untuk jadi studio podcast berjalan.

Kalau dilihat secara tampilan, bodi bus yang digunakan adalah Jetbus Transit, produk bus medium monokok buatan Adiputro. Jadi berbeda dengan bus medium umumnya, Jetbus Transit tidak memiliki sasis.

David Jethrokusumo, Direktur Adiputro, mengatakan, Jetbus Transit tidak pakai sasis lagi, sudah diubah jadi monokok. Jadi keseluruhan bodi merupakan buatan Adiputro.

Baca juga: Deretan Bus di GIIAS 2022, Ada Bus Super Mewah Milik PO Bagong

Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi PutroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi Putro

"Engine kita pakai Hino FB, biasa kan mesin di depan, kita pindah ke belakang. Lalu biasanya per daun, kita pakai per keong atau coil spring," ucap David di Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Secara tampilan, memang Jetbus Transit ketiga yang keluar dari Adiputro ini mirip dengan dua unit sebelumnya yang sudah keluar. Perbedaan paling besar dari Jetbus Transit milik Oppal ini adalah kabinnya yang dibuat jadi studio podcast.

"Ini interiornya khusus untuk podcast, tapi secara konstruksi sama. Secara interior, kita hanya bantu desain sofa, sedangkan alat dari oppal semua," ucap David.

Baca juga: Ingat Lagi Lokasi Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap


Biasanya, Jetbus Transit punya susunan bangku khas bus perkotaan, yakni hadap-hadapan. Sedangkan untuk unit satu ini, bagian belakangnya diubah jadi sofa dengan bentuk U, dilengkapi dengan meja serta mic.

Selain itu, di bagian bawahnya ada alat untuk mengatur audio dari podcast, lalu TV LED, serta AC tambahan. Selain itu, Adiputro juga menambah peredaman untuk memenuhi kebutuhan bus sebagai studio.

"Peredaman standar sudah ada, kita tambah lagi. Cuma kita enggak tahu kebutuhannya gimana untuk podcast ini," ucap David.

Baca juga: Oppal Buzz Studio, Pakai Bodi Bus Monokok dari Adiputro

Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi PutroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi Putro

Untuk harganya, David mengatakan Jetbus Transit standar ada di rentang Rp 1,5 miliar sampai Rp 1,7 miliar. Namun untuk yang Oppal, belum ditambah berbagai ubahan di bagian kabin serta peralatannya.

"Total biaya variatif, kalau yang biasa Rp 1,5 miliar - Rp 1,7 miliar sudah jadi semua. Tapi itu cuma range, sekarang podcast, nanti ada luxury (bisa tambah lagi)," kata David.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.