Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi di New Xpander Cross Mengikuti Kebutuhan Pasar Bukan Tren

Kompas.com - 13/08/2022, 17:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Berbagai pabrikan mobil kian bersaing dengan menyematkan berbagai teknologi canggih guna menarik perhatian pasar. Maka dari itu, mobil keluaran baru kini hadir dilengkapi berbagai teknologi yang membantu pengemudi saat berkendara.

Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) menjadi salah satu teknologi yang diadopsi oleh beberapa merek mobil. ADAS sendiri merupakan fitur untuk membantu pengemudi mobil dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan berkendara.

Baca juga: BERITA FOTO: Mobil Listrik Nissan Leaf Diboyong ke GIIAS 2022

Cara kerja sistem ini yaitu menggunakan sensor khusus yang mampu membaca dan menangkap objek mengenai kondisi lalu lintas.

Namun, sebagai mobil yang baru meluncur beberapa hari yang lalu di GIIAS 2022, New Xpander Cross belum menawarkan ADAS atau teknologi sejenisnya. Sejauh ini, Active Yaw Control (AYC) menjadi salah satu fitur canggih yang diunggulkan oleh New Xpander Cross.

“Bukannya tidak ingin mengikuti tren, hanya saja balik lagi kita melihat kebutuhan konsumen itu seperti apa. Makanya kita harus betul-betul matang dalam menyematkan ADAS pada unit baru,” kata Irwan Kuncoro Marketing Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia kepada Kompas.com di GIIAS 2022, Jumat (13/4/2022).

New Mitsubishi Xpander Cross Meluncur di GIIAS 2022KOMPAS.com/Janlika New Mitsubishi Xpander Cross Meluncur di GIIAS 2022

Terkait prospek fitur keamanan dan keselamatan berkendara, Irwan mengatakan jika kedepannya tidak menutup kemungkinan akan melakukan peningkatan. Namun itu semua berdasarkan kebutuhan nyata dari pelanggan Mitsubishi.

Baca juga: Honda Minta Maaf Inden Civic RS Jadi Lama karena Krisis Cip

“New Xpander Cross lebih aman dan nyaman dengan tambahan fitur AYC. Fitur keselamatan ini hadir melengkapi fitur yang telah ada sebelumnya,” kata Irwan.

AYC sendiri merupakan teknologi yang berperan sebagai fitur keselamatan berkaitan dengan sistem pengereman. Dengan menggunakan fitur, mobil dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman terutama pada roda depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com