Motor Listrik Alva Sudah Produksi Lokal, TKDN Diklaim 40 Persen

Kompas.com - 12/08/2022, 17:41 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan motor listrik Alva One pada ajang GIIAS 2022. Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.

Rainier Haryanto, Managing Director PT Ilectra Motor Group (IMG), mengatakan, Alva One sudah diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat.

Di sana, Alva One dibangun dengan teknologi industri 4.0, yang salah satunya menggunakan teknologi automated guided vehicle (AGV).

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Motor listrik Alva One meluncur di GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Alva One meluncur di GIIAS 2022

Rainier juga mengatakan, jumlah produksi Alva One akan disesuaikan dengan permintaan dari konsumen. Adapun mengenai pemesanan sudah dibuka sejak Kamis, 11 Agustus 2022.

“(Produksi batch) pertama tergantung animo masyarakat. Tapi tadi disebutkan bahwa kemampuan produksi kita 100.000 unit per tahun. Jadi kalau bisa dihitung dibagi 12 lah kira-kira, sekitar 8.000-an unit per bulan,” ujar Rainier, di ICE BSD Ciy (11/8/2022).

Menurutnya, konsumen yang melakukan pemesanan bakal mendapatkan motor sekitar bulan November 2022.

Baca juga: Suzuki S-Presso Resmi Meluncur di GIIAS 2022, Dijual Mulai Rp 155 Juta

“Kan ini pabrik baru mulai, di tahun depan itu sudah 40 persen. Saat itu kita sudah mulai produksi dan vendor-vendor masuk,” ucap Rainier.

“Jadi kalau ngomong TKDN, pas kita mulai di tahun depan itu sudah 40 persen. Tapi mulai November kita akan bangun terus,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.