Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 06:12 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pengunjung yang ingin mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, bisa memanfaatkan jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) yang baru saja rampung.

Tol Serbaraja seksi 1A sepanjang 5,15 km tengah dioperasikan tanpa tarif alias gratis bagi masyarakat pada periode 10-21 Agustus 2022.

“Sambil menunggu tanggal peresmian, kami mengundang segenap masyarakat dan pengunjung GIIAS untuk dapat mengakses melalui ruas tol ini,” ujar Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land & Direktur PT Trans Bumi Serbaraja, dalam keterangan resmi (9/8/2022).

Baca juga: Jumpa Suzuki Baleno Hatchback Facelift di Persiapan GIIAS 2022

Uji Layak Fungsi dan Uji Layak Operasi di Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1ASinar Mas Land Uji Layak Fungsi dan Uji Layak Operasi di Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A

Sebagai informasi, tol ini menghubungkan ujung jalan tol eksisting (Ulujami-Pondok Aren-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City (di sisi AEON Mall), dan terkoneksi langsung dengan kawasan Transit-Oriented Development (TOD) Intermoda BSD City.

Ruas tol ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada 22-24 Juni 2022.

“Selain untuk mempermudah mobilitas masyarakat, pembangunan Tol Serbaraja dimaksudkan untuk menyediakan jalur alternatif guna memperlancar distribusi pasokan komoditas,” ucap Dony.

Baca juga: Daihatsu Pamer Rocky Hybrid di GIIAS 2022, Begini Spesifikasinya

“Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang serta Provinsi Banten yang berpotensi semakin berkembang,” kata dia.

Untuk diketahui, Tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang ±40 km yang terbagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km).

Tol Serbaraja akan terkoneksi dengan sejumlah tol lainnya yakni Tol Jakarta-Serpong, Tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa.

Pada bagian jalan Tol Serbaraja seksi 1A, PT Trans Bumi Serbaraja telah memasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan hingga mesin untuk transaksi non-tunai dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com