Daftar Wilayah yang Masih Terapkan Pemutihan Pajak Kendaraan

Kompas.com - 08/08/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini menerapkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk pemilik kendaraan yang menunggak. 

Keringanan ini mengizinkan pemilik kendaraan untuk mengurus kewajiban tanpa dikenakan sanksi administratif ataupun denda.

Saat ini, terdapat 8 provinsi di Indonesia yang menerapkan program tersebut. Besaran dan waktu programnya juga berbeda-beda. Salah satunya, yaitu bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB).

Beberapa wilayah yang masih memberlakukan program terkait, mulai Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, hingga Kalimantan.

1. Jawa Barat

Program pemutihan pajak kendaraan 2022 masih berlangsung, terhitung per 1 Juli 2022 yang lalu hingga 31 Agustus 2022 mendatang.

Program ini meliputi Bebas Denda PKB, Bebas BBNKB II, Bebas Tunggakan PKB Tahun ke-5, Diskon Pajak Kendaraan Bermotor, dan Diskon BBNKB I.

Pemutihan denda PKB berlaku untuk masyarakat Jawa Barat yang terlambat membayar. Pembebasan BBNKB II bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses balik nama penyerahan kedua, dan seterusnya.

Pembebasan tunggakan PKB tahun ke-5 diberikan kepada pemilik kendaraan yang menunggak lebih dari 5 tahun.

Program insentif berupa diskon dan pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jatim ini berlaku sejak 9 September 2021 lalu hingga 9 Desember 2021.DOK. PEMPROV JATIM Program insentif berupa diskon dan pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jatim ini berlaku sejak 9 September 2021 lalu hingga 9 Desember 2021.

Baca juga: Ini Bocoran Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?

2. Jawa Timur

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.