Simak Cara dan Syarat Perpanjangan SIM di Layanan Satpas Keliling

Kompas.com - 08/08/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masyarakat semakin mudah untuk perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), jika masa berlaku SIM sudah hampir habis.

Pemilik SIM tidak harus melakukan perpanjang di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM setempat. Tapi bisa melakukan perpanjangan di Satpas keliling.

Untuk jadwal pelayanan Satpas SIM keliling, pemohon SIM dapat melihatnya melalui website NTMC Polri atau dapat memantau update melalui akun twitter @TMCPoldaMetro.

Namun perlu diingat, untuk pelayanan SIM di Satpas keliling hanya bisa melayani perpanjangan SIM A dan juga SIM C. Sedangkan untuk pembuatan SIM baru hanya dapat dilakukan di kantor Satpas SIM Polres di daerah masing-masing.

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM C per Agustus 2022

Selain itu, untuk perpanjangan SIM BI dan BII umum juga tidak bisa dilakukan di Satpas SIM keliling dan harus dilakukan di kantor Satpas.

Bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM di Satpas atau gerai SIM, sebaiknya menyiapkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

Di antaranya, KTP asli dan fotokopi, SIM lama dan juga surat kesehatan.

Layanan bus keliling untuk perpanjang SIM menyusul kebijakan dispensasi perpanjangan SIM pasca Libur Lebaran- Layanan bus keliling untuk perpanjang SIM menyusul kebijakan dispensasi perpanjangan SIM pasca Libur Lebaran

Setelah mendaftar, pemohon akan mendapatkan formulir untuk diisi sesuai data pribadi. Untuk mempercepat proses pengisian data disarankan membawa alat tulis sendiri.

Usai mengisi data diri, pemohon bisa menyerahkan kembali formulir tersebut kepada petugas dan menunggu namanya dipanggil oleh petugas.

Baca juga: Tiga Karoseri Pembuat Bus Ikut Ramaikan GIIAS 2022

Jika sudah dipanggil, maka pemohon dipersilahkan masuk ke dalam mobil layanan guna keperluan tes kesehatan.

Mengenai biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap pemohon SIM yakni sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Tarif perpanjang untuk SIM A sebesar Rp 80.000 dan C Rp 75.000. Tetap ada tambahan biaya untuk tes kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.