Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Ketimbang Bensin, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 08/08/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Muncul anggapan bahwa jika dibandingkan dengan mesin bensin, mobil bermesin diesel lebih irit bahan bakar.

Hanya saja, apakah irit karena harga solar lebih murah, atau memang mesin diesel mampu menempuh jarak lebih panjang setiap liternya, anggapan tersebut perlu diluruskan.

Pasalnya, konsumsi bahan bakar juga sangat berkaitan dengan gaya pengemudi mengoperasikan kendaraan. Lantas, seperti apa fakta sebenarnya?

Baca juga: Penting Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Mesin Diesel

Mobil bermesin diesel menerjang air- Mobil bermesin diesel menerjang air

 

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, secara umum mesin diesel lebih tangguh pada putaran rendah, jadi jika kedua mesin diadu pada putaran rendah maka mesin diesel yang akan menang.

“Untuk menentukan iritan mana, perlu dilakukan uji coba, untuk menempuh medan seperti apa, jaraknya berapa, kondisinya seperti apa, itu lebih akurat, hanya saja jika berdasarkan logika antara mesin bensin dan diesel perbedaan konsumsi bahan bakarnya secara umum tidak jauh beda karena keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

Dia mengatakan jika pengendara mesin diesel bisa menjaga rentang kerja putaran mesin di rpm rendah, mungkin akan bisa lebih irit karena torsi yang dihasilkan lebih besar. Sehingga kendaraan lebih laju jika dibandingkan dengan mesin bensin pada putaran mesin yang sama.

Baca juga: Efek Buruk Konsumsi Solar Murah bagi Mesin Diesel Common Rail

Kia Seltos CRDiKompas.com/ApridaMegaNanda Kia Seltos CRDi

“Itulah mengapa disebut mesin diesel lebih irit, akan lebih menang lagi jika mobil diesel dan bensin diadu pada medan yang terjal, maka mesin diesel akan jauh lebih irit bahan bakar karena memiliki torsi yang lebih besar,” uap Ibrohim.

Selain itu, kebanyakan mesin diesel sudah dilengkapi dengan komponen penunjang peningkatan efisiensi bahan bakar seperti turbocharger dan EGR, maka hal itu dikatakan Ibrohim bisa membuat mesin diesel lebih irit bahan bakar.

“Apalagi harga solar kan lebih murah jika dibandingkan dengan bensin, maka bisa saja itu yang menyebabkan anggapan mesin diesel lebih irit bahan bakar, padahal ya sama saja tergantung pengemudinya dan kondisi jalannya” ucap Ibrohim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.