Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Ketimbang Bensin, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 08/08/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Muncul anggapan bahwa jika dibandingkan dengan mesin bensin, mobil bermesin diesel lebih irit bahan bakar.

Hanya saja, apakah irit karena harga solar lebih murah, atau memang mesin diesel mampu menempuh jarak lebih panjang setiap liternya, anggapan tersebut perlu diluruskan.

Pasalnya, konsumsi bahan bakar juga sangat berkaitan dengan gaya pengemudi mengoperasikan kendaraan. Lantas, seperti apa fakta sebenarnya?

Baca juga: Penting Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Mesin Diesel

Mobil bermesin diesel menerjang air- Mobil bermesin diesel menerjang air

 

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, secara umum mesin diesel lebih tangguh pada putaran rendah, jadi jika kedua mesin diadu pada putaran rendah maka mesin diesel yang akan menang.

“Untuk menentukan iritan mana, perlu dilakukan uji coba, untuk menempuh medan seperti apa, jaraknya berapa, kondisinya seperti apa, itu lebih akurat, hanya saja jika berdasarkan logika antara mesin bensin dan diesel perbedaan konsumsi bahan bakarnya secara umum tidak jauh beda karena keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

Dia mengatakan jika pengendara mesin diesel bisa menjaga rentang kerja putaran mesin di rpm rendah, mungkin akan bisa lebih irit karena torsi yang dihasilkan lebih besar. Sehingga kendaraan lebih laju jika dibandingkan dengan mesin bensin pada putaran mesin yang sama.

Baca juga: Efek Buruk Konsumsi Solar Murah bagi Mesin Diesel Common Rail

Kia Seltos CRDiKompas.com/ApridaMegaNanda Kia Seltos CRDi

“Itulah mengapa disebut mesin diesel lebih irit, akan lebih menang lagi jika mobil diesel dan bensin diadu pada medan yang terjal, maka mesin diesel akan jauh lebih irit bahan bakar karena memiliki torsi yang lebih besar,” uap Ibrohim.

Selain itu, kebanyakan mesin diesel sudah dilengkapi dengan komponen penunjang peningkatan efisiensi bahan bakar seperti turbocharger dan EGR, maka hal itu dikatakan Ibrohim bisa membuat mesin diesel lebih irit bahan bakar.

“Apalagi harga solar kan lebih murah jika dibandingkan dengan bensin, maka bisa saja itu yang menyebabkan anggapan mesin diesel lebih irit bahan bakar, padahal ya sama saja tergantung pengemudinya dan kondisi jalannya” ucap Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com