Aki Motor Mau Awet, Jangan Malas Pakai Kick Starter

Kompas.com - 08/08/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan orang saat ini menghidupkan mesin sepeda motor cukup hanya menekan tombol starter. Kebiasaan ini kemudian membuat keberadaan fitur kick starter jadi terlupakan. 

Menggunakan kick starter dianggap ribet dan kurang praktis. Apalagi pengguna skutik yang harus turun dari motor lebih dulu.  

Padahal, penggunaan kick starter mempunyai segudang manfaat dalam menjaga keawetan motor. Hal ini di ungkap Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Nurhadi Muslim.

Baca juga: Kawasaki Pamer Prototipe Motor Listrik Sport di Suzuka 8 Hours

Menurut Nurhadi, kick starter tak hanya difungsikan darurat saja. Salah satu nilai plus menggunakan engkol manual yakni bisa membuat aki lebih awet. 

"Kalau setiap pagi hari menyalakan mesin motor menggunakan kick starter, beban aki jadi lebih ringan," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022). 

Ilustrasi kick starterOtomania Ilustrasi kick starter

Sama halnya aki, lanjut Nurhadi, komponen motor starter elektrik bisa lebih awet. Kick starter bisa efektif mengurangi intensitas beban kerja dinamo starter.

"Menggunakan engkol manual ini secara rutin akan membantu menjaga starter electric agar bebannya tidak bertambah," katanya. 

Nurhadi juga mengatakan, bagi motor yang jarang digunakan menghidupkan mesin dengan kick starter, sirkulasi oli bisa lebih lancar. 

"Sirkulasi oli yang sudah lama mengendap di bawah mesin bisa kembali melumasi komponen lain," ujarnya. 

Baca juga: 3 Motor Listrik yang Bakal Meluncur di GIIAS 2022

Kick starter pada motor matic Honda- Kick starter pada motor matic Honda

Sementara itu, Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Setyabudi Semarang Hari Santoso. Dia mengatakan, kick starter bisa efektif digunakan khusus motor yang sedang menjalani masa inrayen. 

"Penggunaan kick starter membantu sirkulasi oli mesin agar efektif melumasi komponen-komponen utama mesin yang masih baru," katanya. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.