Kawasaki Pamer Prototipe Motor Listrik Sport di Suzuka 8 Hours

Kompas.com - 08/08/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bertepatan dengan ajang ketahanan Suzuka 8 Hours, Kawasaki secara mengejutkan memamerkan dan mendemonstrasikan produk barunya. Bukan sembarang motor, tapi ini adalah motor listrik bergenre sport.

Dilansir dari laman Autoby (7/8/2022), dalam sebuah sesi Suzuka 8 Hours, tiba-tiba muncul sebuah motor sport EV yang saat ini sedang dalam pengembangan, yaitu Kawasaki Z Electric.

Melihat tampilannya, secara umum motor ini mengusung desain yang sudah diterapkan pada motor sport naked Z250.

Baca juga: Ini Bocoran Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?

Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electricautoby.jp Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electric

Hal ini terlihat pada bagian headlamp, berikut kaki-kakinya. Adapun lampu belakang mirip dengan kepunyaan ZX-25R.

Sementara setang pakai model pendek, meskipun bukan setang jepit. Kemudian, mesin tampak kosong karena digantikan motor listrik dan baterai. Termasuk knalpot pun absen.

Praktis pada bagian inilah sebuah motor listrik tampak banyak berbeda dibandingkan motor konvensional. Namun, selebihnya tampilannya masih identik dengan motor biasa.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Pakai Aplikasi Signal

Laporan tersebut juga menyatakan, motor yang dipamerkan ini merupakan prototipe awal proyek EV Kawasaki, setelah dirilis sejak 4 tahun lalu.

Kemunculan motor ini diprediksi karena tren motor listrik dan baterai yang sudah berkembang pesat daripada tahun-tahun sebelumnya.

Dalam demo run ini, Kawasaki tidak membuat pengumuman apapun tentang kendaraan tersebut. Tapi disebutkan bahwa rangka motor ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan Ninja 250 dan Z250 yang dilengkapi mesin bensin.

Baca juga: Banyak Motor Listrik, Ini Merek Motor yang Ikut GIIAS 2022

Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electricautoby.jp Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electric

Sementara itu, dalam pengumuman proyek EV yang dirilis sebelumnya, disebutkan bahwa motor ini dilengkapi dengan transmisi 4-percepatan dan pengereman regeneratif manual.

Melihat fakta bahwa roda belakang digerakkan oleh rantai, tampaknya sangat mungkin bahwa motor sport EV ini akan dilengkapi dengan transmisi manual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.