Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Mazda CX-5 Kuro Edition Punya Respons Tinggi

Kompas.com - 08/08/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda CX-5 Kuro Edition merupakan salah satu lini produk SUV unggulan dari Mazda di Indonesia. Mobil ini juga baru diperkenalkan pada April 2022 dengan berbagai ubahan.

Pertama dari sisi eksterior, ada ubahan di bagian depan dan belakang, seperti lampu dan bumper. Pada bagian samping, khusus Kuro Edition beberapa komponen dicat hitam piano, memberi kesan sporty.

Pada bagian kabin, sebenarnya tidak begitu banyak ubahan, terutama soal layout. Namun pastinya, Mazda CX-5 ini menawarkan sensasi pengemudi yang sangat menyenangkan.

Baca juga: Balutan Premium Interior Mazda CX-5 Kuro Edition

Mesin Mazda CX-5 Kuro EditionKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mesin Mazda CX-5 Kuro Edition

Soal mesin, CX-5 terbaru yang dibawa PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) ini menggunakan Skyactive G 2.500 cc empat silinder. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 190 PS atau 188 TK di 6.000 rpm dan torsi 252 Nm di 4.000 rpm.

Tenaga tadi disalurkan ke roda depan dengan transmisi Skyactive-Drive enam percepatan. Lebih menyenangkan lagi, Mazda CX-5 sudah dibekali dengan tuas paddle shift dan mode berkendara sport.

Mengaktifkan mode sport, tinggal menggeser tombol di samping tuas transmisi ke atas. Ketika sudah aktif, layar yang menampilkan speedometer berubah desainnya jadi ada aksen merah.

Baca juga: Ini Bocoran Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?

Hal yang terasa berbeda ketika mengemudi di mode sport adalah respon transmisi. Jadi saat injak gas, gigi ditahan lebih lama sehingga rpm agak tinggi baru naik ke gigi selanjutnya.

Rasa mengemudi tersebut ditambah raungan suara mesin menambah keseruan saat mengemudi di mode sport. Namun jika mau kembali bersantai, tinggal tekan ke bawah tombol modenya, maka kembali ke normal mode.

Redaksi pun mencoba mengukur seberapa cepat akselerasi dari Mazda CX-5 ini dengan alat Racelogic, pengukur kecepatan berdasarkan GPS. Pada alat tersebut, bisa tercatat akselerasi dari 0-60 kpj dan 0-100 kpj.

Hasil tes akselerasi Mazda CX-5KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Hasil tes akselerasi Mazda CX-5

Untuk pengetesan ini, redaksi memakai mode sport dengan kondisi TCS menyala. Dalam dua kali coba, rata-rata waktu yang didapatkan untuk akselerasi 0-60 kpj adalah 4,7 detik.

Sedangkan untuk akselerasi 0-100 kpj, didapatkan rata-rata waktu 10,25 detik. Hasil ini menunjukkan respons tinggi yang bisa diperoleh SUV. Sebelumnya, redaksi mengetes Cherry Tiggo 7 Pro, mesin 1.500 cc turbo, akselerasi 0-60 kpj dalam 5,8 detik dan 0-100 kpj di 12,4 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com