Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenangan Bagnaia di MotoGP Inggris berkat Wejangan Rossi dan Stoner

Kompas.com - 08/08/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia berhasil memenangi MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone. Ternyata, ada campur tangan Valentino Rossi dan Casey Stoner dalam kemenangan tersebut.

Bagnaia yang sempat kesulitan pada sesi latihan bebas dan kualifikasi, berhasil naik podium utama pada seri keduabelas MotoGP 2022 ini. Dia juga mampu mempertahankan posisi terdepan dari Maverick Vinales saat balapan jelang finis.

Baca juga: Hasil MotoGP Inggris 2022; Bagnaia Juara, Zarco Crash

Bagnaia mengatakan, kemenangannya kali ini berkat kedua pebalap legendaris MotoGP tersebut. Dia mendapatkan banyak nasihat berguna untuk balapan di trek ini.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)ADRIAN DENNIS Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)

"Saya bicara banyak dengan Valentino lebih banyak dari Stoner dan di sini dia sangat membantu untuk memahami situasi lebih baik," ujar Bagnaia, dikutiip dari Crash.net, Senin (8/8/2022).

Bagnaia menambahkan, dia sedikit kesulitan di sepanjang akhir pekan ini dan tidak mudah bagi Rossi. Sebab, dia hanya bisa melihat dari layar saja.

Baca juga: Kelamaan Libur, Bagnaia Tak Sabar Balapan di GP Inggris

"Tapi, dia membantu saya untuk memahami ban, temperatur dengan ban. Dia sangat membantu saya, dan untuk Casey, saya hanya menanyakan apa yang pernah dia lakukan di trek ini untuk bisa membantu saya lebih kompetitif," kata Bagnaia.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)ADRIAN DENNIS Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)

"Pagi ini, dia mengirimkan saya pesan dan saya mencoba melakukan sesuatu. Itu cukup baik, tapi mungkin tidak soal ban yang kita gunakan sekarang. Namun, saya beruntung bisa memiliki orang-orang seperti ini di sekitar saya," ujarnya.

Bagnaia menjelaskan, Stoner memberikan wejangan soal bagaimana mendapatkan traksi lebih baik dengan Ducati. Menurutnya, pebalap asal Australia tersebut luar biasa dalam hal tersebut.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

"Dia luar biasa dalam mendapatkan traksi saat keluar tikungan dan itu adalah saran dia untuk hari ini. Jadi, saya coba untuk lebih menunggu saat membuka gas, dan itu sedikit lebih baik," kata Bagnaia.

Tapi, untuk lima lap terakhir, cengkraman ban belakangnya sudah menurun. Sejak momen itu, dia melakukan balapan dengan gayanya sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com