Yamaha X Force, Saudara NMAX dan Aerox Khusus buat Perkotaan

Kompas.com - 05/08/2022, 19:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini Yamaha meluncurkan X Force 155 khusus pasar Jepang. Skutik ini dibangun dari basis NMAX 155 namun dengan sedikit perbedaan.

Dilansir dari Response (5/8/2022), perbedaan mendasar X Force dengan NMAX ataupun Aerox sekalipun, terletak pada desaik dek depan yang rata.

Tanpa adanya tangki bahan bakar di bagian tengah, membuat area kaki menjadi luas. Kondisi ini membuat X Force lebih nyaman dipakai sehari-hari, terutama di perkotaan.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Batal Jadi Tuan Rumah Balap GT World Challenge Asia

Yamaha X ForceRESPONSE.jp Yamaha X Force

Pengguna bisa memilih untuk menaruh barang di bagian dek depan, di bagasi yang bisa memuat helm fullface, atau di keduanya.

Area kemudi juga tampak berbeda. X Force mengusung setang model telanjang, yang membuat gaya berkendara skutik ini tampak lebih commanding dan lebih sigap buat pengendara.

Dengan konstruksi yang berbeda, bobot X Force disebut mencapai 130 kg. Jika dibandingkan NMAX beratnya 132 kg, adapun Aerox yang punya karakter sporty justru lebih ringan, 125 kg (ABS version) dan 122 kg (Standard version).

Baca juga: Pasar Motor Listrik Terbesar Saat Ini di Bawah Rp 20 Juta

Kemudian, perbedaan juga terletak pada bagian kaki-kaki. X Force dan NMAX sama-sama mengusung lingkar pelek 13 inci di depan dan belakang. Sedangkan Aerox 14 inci di semua roda.

Namun untuk sokbreker belakang, ketiganya sama-sama mengusung dual suspension. Adapun sokbreker depan pakai model teleskopik.

Urusan dapur pacu, X Force juga menggunakan mesin 155 cc berpendingin cairan dengan VVA dan Smart Motor Generator.

Baca juga: Recall bZ4x, Toyota Tawarkan Konsumen Opsi Buy Back

Yamaha X ForceRESPONSE.jp Yamaha X Force

Di atas kertas, mesin ini juga sama seperti yang digunakan NMAX dan Aerox. Namun karakter X Force disesuaikan untuk masyarakat perkotaan yang lebih mengutamakan torsi untuk stop and go.

Dari sisi fitur, skutik ini turut dilengkapi dengan kontrol traksi, rem ABS di depan dan belakang, hingga cakram bergelombang dengan diameter besar, serta fitur Yamaha Motorcycle Connect yang bisa terhubung dengan smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.