Cerita Elders Garage, Dari Bengkel Custom Jadi Konversi Motor Listrik

Kompas.com - 05/08/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konversi dari motor bensin menjadi motor listrik merupakan salah satu cara untuk mempercepat elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia. 

Tidak hanya motor listrik baru, ada opsi lain yang bisa dipertimbangkan pengendara sepeda motor yang ingin mencoba motor listrik, yaitu dengan konversi motor bensin menjadi motor listrik.

Elders Garage menjadi salah satu bengkel konversi yang bisa dipilih, khususnya buat pemilik motor Vespa. Namun, sebelum menjadi bengkel konversi motor listrik, ternyata Elders semula berfokus membangun motor custom.

Baca juga: Pancaka, Yamaha XSR 155 Custom Chopper

Sebelumnya, motor modifikasi Elders Garage dijual ke Presiden Joko Widodo pada 2017 yang lalu. Namun seiring berjalannya waktu, bengkel tersebut mulai merambah ke pengembangan sepeda listrik dan konversi Vespa.

"Kita (Elders Garage) itu sudah ada dari tahun 2013. Jadi memang, fokusnya kita membangun motor-motor. Terakhir motor yang kita bikin-bikin kan chopper. Dan memang, kita melihat tren ke depannya memang pas setelah kita bikin chopper itu, kita banyak restorasi untuk Vespa," ucap CEO Elders Garage Heret Frasthio saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Chopperland Jokowi yang dibeli dari Elders Garage.Istimewa Chopperland Jokowi yang dibeli dari Elders Garage.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Siap Meluncur, Tanpa Varian Diesel

Heret menjelaskan, sejak 2021 pihaknya tengah mencari bisnis model baru, salah satunya adalah konversi Vespa menjadi motor listrik. Proses research and development (R&D) kemudian dilakukan selama kurang lebih tiga bulan.

"Jadi dari situ, baru kita mulai. Ternyata, animo masyarakat cukup besar dan memang kita punya target. Di elektrik ini, pemainnya juga masih sedikit. Kita mulai edukasi-edukasi, dan sekarang kita sudah ada di lima kota," ucap dia.

Untuk menarik perhatian pemilik Vespa untuk konversi, Heret mengatakan ini kebanyakkan didapat dari sosial media. Bermula dari membuat motor prototype yang didesain unik dengan gaya chopper, motor-motor tersebut yang memantik ketertarikan dari pengguna media sosial.

Baca juga: Konversi Motor Listrik Ditarget Capai 1 Juta Unit pada 2025

Konversi vespa klasik menjadi vespa listrik hasil modifikasi Elders Garage dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Butuh waktu 3 jam untuk melakukan modifikasi ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Konversi vespa klasik menjadi vespa listrik hasil modifikasi Elders Garage dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Butuh waktu 3 jam untuk melakukan modifikasi ini.

"Kebanyakkan itu dari sosial media. Dan ternyata mereka suka melihat inovasi-inovasi yang kita lakukan. Jadi ya sampai sekarang, kita tetap posting, tetap ceritain, lewat sosial media, rata-rata untuk menarik atau mengedukasi masyarakatnya," ucap Heret.

Saat ini, tingginya minat konsumen terhadap konversi juga terlihat dari jumlah motor yang masuk ke Elders Garage khususnya di bulan ini, yaitu 80.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.