Truk Fuel Cell Hyundai Siap Mengaspal di Jerman

Kompas.com - 03/08/2022, 19:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company mengumumkan akan mengekspor truk XCIENT Fuel Cell ke Jerman dalam waktu dekat. Terdapat tujuh perusahaan yang akan mengoperasikan truk bebas emisi tersebut di sana.

Total, ada 27 XCIENT Heavy-duty Truck yang akan digunakan. Hadirnya truk bebas emisi ini juga didukung dari dana Pemerintah Jerman terkait kendaraan niaga bebas emisi (BMDV).

Mark Freymueller, Senior Vice President & Head of Commercial Vehicle Business Innovation of Hyundai Motor Company mengatakan, dipakainya XCIENT di Jerman akan memperbesar jangkauan pasar di Eropa.

Baca juga: Spesifikasi Motor Fuel Cell Pengembangan BRIN

Truk Hyundai XCIENT Hyundai Motor Company Truk Hyundai XCIENT

"Kami senang secara resmi memasuki pasar kendaraan niaga di Jerman. Hyundai Motor akan memanfaatkan peluang ini untuk memperluas bisnis ke pasar Eropa," ucapnya dikutip dari laman Hyundai Motor Company, Rabu (3/8/2022).

Diluncurkan sejak 2020, sebanyak 47 unit XCIENT sudah digunakan di Swiss. Secara total, truk listrik bertenaga hidrogen tersebut sudah berjalan lebih dari empat juta kilometer per Juli 2022.

Untuk spesifikasinya, XCIENT dibekali dengan 180 kW sistem fuel cell yang disambung ke motor listrik bertenaga 350 kW atau 469,3 TK dan torsi maksimum 2.237 Nm.

Baca juga: Toyota Vios Berhenti Produksi, Simak Harga Bekasnya


Selain itu, pada bagian belakang kepala truk ada tujuh tangki hidrogen yang bisa memuat sampai 31 kg hidrogen. lalu, ada juga tiga baterai 72 kWhyang menjadi sumber energi alternatif.

Sekali cas, XCIENT bisa melaju sampai 400 km. Sedangkan untuk mengisi tangki dengan hidrogen, bisa memakan waktu antara 8 menit sampai 20 menit, tergantung kondisi suhu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.