Begini Cara Meredam Emosi di Jalan Raya

Kompas.com - 01/08/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan raya saat ini dipenuhi dengan berbagai macam karakter orang. Tidak jarang terlihat pengguna yang tersulut emosi, sering menyerobot jalan, sampai kebut-kebutan.

Perilaku pengguna jalan yang menyebalkan tadi bisa saja membuat pengemudi emosi. Padahal, jika sudah terbawa emosi, konsentrasi mengemudi malah bisa berkurang dan berisiko celaka.

Lalu bagaimana cara yang aman untuk meredam emosi saat sedang berada di jalan raya?

Baca juga: Pelaku Balap Liar Ditangkap, Emosi Anak Muda yang Masih Labil

Posisi mengemudi All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Posisi mengemudi All New Subaru Forester S-EyeSight

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, untuk menyikapinya, pengemudi harus paham bahwa sesuatu di jalan raya itu tidak ideal.

"Jalanan begitu dinamis, yang bisa kita lakukan adalah mempertahankan konsentrasi. Konsentrasi kita penuh, tidak terganggu, maka kita akan memberikan keputusan atau sikap yang tepat," ucap Jusri kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Kondisi jalan yang ramai diisi orang menjadikannya tidak menentu. Hal yang paling aman dilakukan adalah dengan sabar. Hal ini tujuannya agar bisa lebih tenang menghadapi segala hal di jalan.

Baca juga: Kehadiran Honda WR-V Dalam Waktu Dekat, Meluncur di GIIAS 2022?


"Jangan pernah nge-judge dia seperti polisi atau hakim, salah benar itu bukan domainnya dia. Jadi jangan dilawan, kalau orang itu tidak terima, bisa terjadi konflik," kata Jusri.

Jusri mengingatkan, salah benar seseorang di jalan raya ditentukan oleh hakim. Jadi yang harus dipahami adalah sebagai pengemudi, ingat terus untuk bisa sampai tujuan dengan selamat dan tanpa konflik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.