Apakah Alur Ban Tetap Berfungsi Saat Melintasi Aspal yang Kering?

Kompas.com - 30/07/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban punya alur alias kembangan pada telapaknya yang berfungsi untuk menyalurkan air ketika melewati jalanan yang basah. Selain itu, setiap ban biasanya punya ciri alur yang berbeda-beda, tergantung peruntukannya.

Perlu diketahui, alur ban tidak cuma berfungsi saat melewati jalanan yang basah, tetapi juga saat kering. Lalu apa saja fungsi dari alur ban saat digunakan di aspal yang tidak basah?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, ketika kering, pada umumnya jenis alur ban berpengaruh pada suara yang keluar saat berputar di atas aspal.

Baca juga: Apa Benar Ban Pakai Nitrogen Bikin BBM Lebih Irit?

Alur ban lebar untuk keperluan off roadDOK. ZULPATA ZAINAL Alur ban lebar untuk keperluan off road

"Kembangan tertentu akan membuat noise ban lebih baik. Selain itu, stabilitas terutama di jalur lurus juga berpengaruh (karena alur)," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Lalu, alur ban juga punya fungsi untuk respons setir yang lebih baik, bahkan berpengaruh pada kenyamanan. Jadi alur bukan tidak cuma berfungsi saat hujan melainkan juga saat kering.

"Dengan ada pola telapak, ban jadi tidak kaku, termasuk daya cengkram dan pengereman di permukaan kering," kata Zulpata.

Baca juga: Motor Listrik Mirip Vespa S Dijual Cuma Rp 12 Juta


Secara umum, model alur ban punya keunggulannya masing-masing. Misalnya untuk off road alurnya besar-besar tapi renggang, sedangkan untuk yang rapat alurnya, cocok untuk ban yang fuel saver.

"Demikian dasarnya, tapi bisa berubah kalau disangkutkan dengan jenis compound ban. Misal ada yang high grip, ada yang touring, ada yang long life ada yang fuel saver," kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.