Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Alur Ban Tetap Berfungsi Saat Melintasi Aspal yang Kering?

Kompas.com - 30/07/2022, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban punya alur alias kembangan pada telapaknya yang berfungsi untuk menyalurkan air ketika melewati jalanan yang basah. Selain itu, setiap ban biasanya punya ciri alur yang berbeda-beda, tergantung peruntukannya.

Perlu diketahui, alur ban tidak cuma berfungsi saat melewati jalanan yang basah, tetapi juga saat kering. Lalu apa saja fungsi dari alur ban saat digunakan di aspal yang tidak basah?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, ketika kering, pada umumnya jenis alur ban berpengaruh pada suara yang keluar saat berputar di atas aspal.

Baca juga: Apa Benar Ban Pakai Nitrogen Bikin BBM Lebih Irit?

Alur ban lebar untuk keperluan off roadDOK. ZULPATA ZAINAL Alur ban lebar untuk keperluan off road

"Kembangan tertentu akan membuat noise ban lebih baik. Selain itu, stabilitas terutama di jalur lurus juga berpengaruh (karena alur)," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Lalu, alur ban juga punya fungsi untuk respons setir yang lebih baik, bahkan berpengaruh pada kenyamanan. Jadi alur bukan tidak cuma berfungsi saat hujan melainkan juga saat kering.

"Dengan ada pola telapak, ban jadi tidak kaku, termasuk daya cengkram dan pengereman di permukaan kering," kata Zulpata.

Baca juga: Motor Listrik Mirip Vespa S Dijual Cuma Rp 12 Juta


Secara umum, model alur ban punya keunggulannya masing-masing. Misalnya untuk off road alurnya besar-besar tapi renggang, sedangkan untuk yang rapat alurnya, cocok untuk ban yang fuel saver.

"Demikian dasarnya, tapi bisa berubah kalau disangkutkan dengan jenis compound ban. Misal ada yang high grip, ada yang touring, ada yang long life ada yang fuel saver," kata Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com