Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Sistem ADAS di Wuling Almaz RS, Pengemudi Wajib Tetap Fokus

Kompas.com - 29/07/2022, 20:11 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kini banyak mobil yang dilengkapi dengan teknologi canggih untuk membantu pengemudi dalam berkendara.

Wuling Almaz RS menjadi salah satu mobil yang dilengkapi teknologi bernama ADAS (Advanced Driver Assistance System).

ADAS sendiri merupakan merupakan sekumpulan fitur yang membentuk sistem untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Baca juga: [VIDEO] Wuling Air EV, Mobil Listrik Murah! Dijual Mulai Rp 250 Juta

Teknologi ini secara otomasi mengerjakan sebagian tugas pengemudi. Maka ADAS membuat beban kerja saat mengemudi ditanggung oleh pengemudi dan kendaraan.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, akan berbahaya jika menganggap bahwa ADAS adalah autopilot dan bergantung sepenuhnya pada sistem tersebut.

“Tujuan utama sistem ini dirancang adalah untuk meningkatkan aspek keselamatan, jadi ADAS sangat bermanfaat untuk semua pengendara, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman,” kata Danang saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Jika fitur ini digunakan dengan tepat, beban kerja pengemudi akan berkurang dan tidak cepat lelah. Maka dari itu, Danang menyarankan agar menggunakan sistem ADAS dengan bijak saat mengendarai mobil.

Pertama, pengemudi harus peka terhadap kondisi lalu-lintas. Pengemudi harus dengan bijak memutuskan apakah aman dan perlu mengaktifkan fitur ADAS tertentu.

Wuling Almaz RSDOK. WULING Wuling Almaz RS

 Baca juga: Penting Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Mesin Diesel

Kedua, walaupun fitur-fitur dalam ADAS sudah diaktifkan, pengemudi harus tetap merespon potensi bahaya yang muncul dengan tanggap.

“Setiap pengguna mobil yang dilengkapi ADAS hendaknya mempelajari cara pakai fitur-fiturnya dan memperhatikan rekomendasi dari ATPM yang umumnya tertulis di buku manual,” kata Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com