Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Fitur Autopilot, Ini Fungsi TSS di Mobil Toyota

Kompas.com - 29/07/2022, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk menarik pasar, pabrikan mobil kian memperkaya unit dengan beragam fitur canggih. Sebagai mobil listrik terlaris asal Amerika Serikat, Tesla mempopulerkan teknologi bernama autopilot, autonomous, atau otonom.

Autopilot sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan sistem kendaraan menggantikan peran pengemudi sepenuhnya.

Dengan fitur tersebut, sistem mengambil kendali mobil dalam mengambil keputusan saat berkendaraan.

Tujuan utama fitur autonomous yaitu memberikan kenyamanan dan keselamatan pengemudi dalam mengendarai mobil. Terkait fitur canggih tersebut, banyak merek mobil yang menyematkan fitur hampir serupa dengan autopilot pada unit terbaru.

Baca juga: Chery Akan Bawa 9 Mobil Listrik ke Indonesia

Contohnya seperti sistem Toyota Safety Sense (TSS). Toyota All New Veloz dan Toyota Raize menjadi beberapa unit mobil yang telah dilengkapi dengan TSS.

TSS sendiri merupakan fitur keselamatan untuk mengurangi potensi bahaya saat berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang. Teknologi ini bekerja menggunakan kamera dan sensor laser dengan empat sistem kerja.


Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika sistem ini tidak bisa disebut sebagai fitur autopilot pada mobil.

“Kalau autopilot seperti autonomous, sistem akan berjalan sendiri tanpa bantuan pengemudi. TSS bukanlah autopilot,” kata Didi kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Didi menyebutkan empat sensor laser yang digunakan oleh fitur TSS adalah sistem e-Consillion System, Lane Departure Alert, Automatic High-beam, dan Road Sign Assist.

Keunggulan fitur keselamatan TSS yakni jadi peringatan dini bagi pengemudi. Misalnya seperti petunjuk di layar panel instrument atau bunyi supaya pengemudi sadar adanya bahaya yang terdeteksi.

Toyota All New Veloz 2021toyota Toyota All New Veloz 2021

Kemudian, sensor laser yang digunakan oleh TSS akan memberikan peringatan pada pengemudi bila tidak sengaja keluar dari jalur mobil.

Fitur juga mempermudah pengemudi berkendara di malam hari karena ada sensor laser yang membaca keadaan jika berada di tempat minim cahaya.

Baca juga: Cek Skema Cicilan NIU NQI Sport, Angsuran Mulai Dari Rp 1 Jutaan

TSS juga tapi juga bisa memindai kendaraan dari lawan arah dan bisa membaca rambu lalu lintas sehingga akan memberikan peringatan saat melakukan kesalahan dalam berkendara.

“Di Indonesia sendiri belum ada unit Toyota yang telah memiliki fitur autopilot,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com