Kompas.com - 26/07/2022, 19:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 tengah berlangsung selama 22 - 31 Juli 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta.

Pemeran ini dimeriahkan beberapa program yang memanjakan pengunjung. Salah satunya adalah pengunjung bisa test drive dan test ride beberapa kendaraan listrik di area indoor.

Area tes dalam ruangan ini digelar di dalam Hall B3 & C3. Beberapa daftar kendaraan listrik roda empat yang bisa di tes oleh para pengunjung mulai dari Wuling Air ev, DFSK Gelora E, Alke ATX 310E hingga Yacaranda mobil balap listrik garapan tim Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Sepeda Motor Listrik Mulai Menjamur, Begini Tanggapan AISI

Sementara untuk kendaraan roda dua yang bisa dicoba beberapa di antaranya mulai dari Gesits, Selis Niu, hingga Davigo. Tidak hanya itu, ada pula sepeda listrik dari merek Selis.

Tim redaksi pun berkesempatan untuk mencoba salah satu sepeda listrik dari selis varian Rinjani. Secara desain sepeda listrik dalam Negeri ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita.


Pabrikan membuat tampilannya cukup sederhana untuk kelas sepeda listrik. Pada bagian depan, disematkan keranjang serbaguna untuk menampung barang bawaan pengendara.

Kemudian terdapat gunung Rinjani pada bagian tengah sepeda, tepatnya di bawah lampu utama.

Lalu pada bagian belakang ada helm yang dapat digunakan oleh pengendara. Jok sepeda hadir dengan ramping berbahan lateks serta jok khusus untuk penumpang.

Sepeda Listrik Selis Rinjani di PEVS 2022Janlika Putri/ Kompas.com Sepeda Listrik Selis Rinjani di PEVS 2022

Beralih ke bagian setang, selis rinjani dibekali dengan panel cluster digital yang akan menyala ketika sepeda dinyalakan.

Bagian setang dirancang dengan grip yang cukup nyaman untuk di gas dan juga untuk melakukan pengereman. Kemudian ada juga slot untuk pemasangan USB.

Untuk tarikan gas, sepeda listrik ini cenderung tidak responsif sehingga membutuhkan kontrol penuh dari pengendaranya. Ketika setang gas di putar, harus mengandalkan insting dari pengendara agar tidak hilang kendali.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Bertemu dengan Konvoi Pejabat di Jalan?

Bagi yang tidak bisa sepeda motor, mengendarai sepeda listrik ini tergolong mudah dan bisa jadi pilihan. Terdapat pedal kaki pada bagian bawah sepeda yang mana bisa digunakan ketika daya baterai habis. Adapun untuk akselerasi, sepeda ini ringan dan juga mudah dikendalikan

Dilengkapi dengan ban tubles ukuran 14 x 2.50 dan juga daya tampung 150 Kg bisa jadi pilihan bagi anak diatas umur 12 tahun dan juga dewasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.