Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT International Chemical Industry (Intercallin) sebagai produsen baterai ABC sudah merambah ke sel baterai lithium. Pabriknya sendiri berlokasi di Cengkareng, Tangerang.

Selama ini, banyak produsen kendaraan listrik yang mengimpor baterai dari luar negeri. Sehingga, jaminan dari kualitas baterai tersebut sulit didapatkan.

Baca juga: ABC Jadi Pionir Produsen Sel Baterai Lokal Pertama Kendaraan Listrik

Direktur Pemasaran Intercallin Hermawan Wijaya, mengatakan, dengan adanya ABC Lithium di sini, artinya ada kemudahan bagi konsumen untuk menyampaikan berbagai permasalah terkait baterai buatannya.

Sel baterai ABCKompas.com/Donny Sel baterai ABC

"Kalau misalnya sebelumnya ada masalah, maka developer kendaraan kan bingung, karena beli baterainya dari luar negeri," ujar Hermawan, kepada Kompas.com, saat ditemui di booth-nya, pada pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, di JIExpo Kemayoran, belum lama ini.

Hermawan menambahkan, biasanya masalah pada baterai memang tidak banyak. Tapi, meskipun masalahnya sedikit, jika belinya dari luar negeri tetap akan sulit untuk mengajukan keluhan atau pengaduan.

Baca juga: Produsen Baterai ABC Akan Sediakan Aki Kering Lithium Untuk Motor

"Kalau di sini kan, tinggal telepon saja. Kalau masih susah, tinggal janjian, datang, ada kok di Cengkareng," kata Hermawan.

Aki kering buatan ABC LithiumKompas.com/Donny Aki kering buatan ABC Lithium

Beberapa anggota komunitas atau pegiat kendaraan listrik juga ada yang merakit baterai sendiri. Namun, merakit baterai juga tidak bisa sembarangan.

"Nah, yang merakit itu, kesulitan untuk merakit battery pack seperti ini, sebenarnya ada ketentuannya. Dalam satu pack itu, selnya harus identik. Kalau bukan dari pabrikan, susah untuk mendapatkan yang identik," ujarnya.

Jajaran produk baterai ABC LithiumDok. @abclithiumcell Jajaran produk baterai ABC Lithium

"Kalau misalkan di pabrikan, konsumen tinggal bilang, butuh berapa sel dalam satu battery pack. Nanti, kita buatkan yang selnya identik. Jadi, dalam satu baterai lebih seragam dan usianya lebih lama," kata Hermawan.

Hermawan mengatakan, pihaknya mencoba untuk menjaga kualitas, garansi, dan kemudahan untuk jual beli. Sebab, pabrik ABC Lithium juga berada di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.