Ungkit Sejarah Baleno di Indonesia, Kode Suzuki untuk Versi Facelift

Kompas.com - 26/07/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain S-Presso, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) rupanya juga akan meluncurkan penyegaran dari model hatchback-nya, yakni Baleno.

Meski belum mau bicara banyak, namun sebelumnya Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, sudah memberikan sinyal akan adanya penyegaran produk.

"Kita sedang siapkan model baru dan penyegaran produk. Tunggu informasi resmi dari kami," ucap Donny, Sabtu (23/7/2022).

Berdasarkan informasi yang redaksi dapatkan dari salah seorang wiraniaga Suzuki di Jakarta, versi facelift Baleno akan meluncur pada Agustus 2022. Besar kemungkinan saat gelaran GIIAS.

Baca juga: Selain S-Presso, Suzuki Bakal Luncurkan Baleno Facelift?

"Model facelift (Baleno) kemungkinan Agustus, tapi kalau minat sudah bisa booking dari sekarang," katanya kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Tak hanya itu, Suzuki juga kembali mengulas perjalanan 27 tahun Baleno di Indonesia dari awal berbentuk sedan hingga menjadi hatchback.

Seperti diketahui, mobil ini pertama kali masuk di Tanah Air pada 1995 dengan mesin 1.600 cc empat silinder fuel injection dengan satu varian transmisi lima percepatan manual.

Mobil lawas tidak didesain menenggak BBM beroktan tinggi- Mobil lawas tidak didesain menenggak BBM beroktan tinggi

Baleno diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien dan bantingan suspensi yang empuk. Selanjutnya ada Baleno Millenium yang datang sebagai facelift pada 2000 dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, yakni 1.500 cc.

Dari tampilan, eksteriornya lebih oval dan punya visual lebih modern melalui gril, lampu utama, serta pelek baru. Penyegaran diikuti dengan beberapa fitur baru, seperti tilt steering, central lock, power steering, dan head unit double DIN, dan berubah dengan sentuhan sporty pada bagian pelek dan gril pada 2002.

Tak berselang lama, generasi kedua Baleno tiba pada 2003 dengan ubahan yang cukup signifikan dan dikenal sebagai Baleno Next-G. Ubahan bodi, sasis, dan interior dilakukan guna mengikuti adanya pergeseran tren, yang pada bagian interiornya sudah menggunakan model digital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.