Impresi Perdana Jajal Aprilia RS-GT 200

Kompas.com - 22/07/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat mejeng di Sirkuit Mandalika saat MotoGP Indonesia, Aprilia SR-GT 200 kini resmi meluncur di Indonesia. Bersaing di segmen skutik bongsor yang dikuasai merek Jepang.

Usai peluncuran Kompas.com, diberi kesempatan untuk menjajal SR-GT 200. Lokasinya di Senayan Park, Jakarta Selatan dengan luas area relatif sempit, tapi cukup sekadar untuk merasakan impresi berkendara.

Baca juga: Daftar Merek Motor yang Ikut Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2022

Perasaan pertama yang dirasakan saat naik SR-GT 200 ialah motor terasa jangkung dengan tinggi jok 799 mm, lebih tinggi dari Yamaha XMax yakni 795 mm. Buat pemilik postur di bawah 170 cm dipastikan bakal jinjit.

Wartawan mendapat kesempatan mencoba mengendarai motor Aprilia SR-GT di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Wartawan mendapat kesempatan mencoba mengendarai motor Aprilia SR-GT di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Bobot keseluruhan memiliki berat 148 kg saat tangki penuh yakni 9 liter. Dimensi panjang 1.920 mm, lebar 765 mm, jarak sumbu roda 1.350 mm, serta ground clearance minimal 175 mm.

Jika dilihat dari kelas SR-GT 200 berdiri sendiri di antara 150cc - 250cc, namun jika dilihat dari harga maka berada di kelas 250cc karena setara dengan XMax.

Baca juga: Sambut Calon Konsumen, Aprilia SR-GT 200 Mulai Dikirim ke Diler

Wartawan mendapat kesempatan mencoba mengendarai motor Aprilia SR-GT di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Wartawan mendapat kesempatan mencoba mengendarai motor Aprilia SR-GT di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Jika dibandingkan dengan XMax yang berbobot 179 kg maka SR-GT 200 lebih ringan. Rasa berkendaranya pun lebih lincah, tapi di sisi lain juga lebih berat dari Honda ADV 160 dengan bobot 133 kg (CBS & ABS).

Kedua yaitu posisi duduk dan lengan. Setang SR-GT200 lebar dan tegak, posisi duduknya nyaman dan tegak sehingga lengan tidak terlalu lurus. Posisi kaki cukup moderat, Aprilia klaim tinggi 180 cm masih nyaman.

Baca juga: Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin pada Sepeda Motor

Dapur pacunya, mengusung mesin i-get satu silinder berkapasitas 174 cc yang mampu menghasilkan 13 kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga dikirim pakai transmisi Contiounuously Variable Transmission (CVT).

Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.
Foto: KOMPAS.com/Adityo Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.

Mesin menyala dan deru mesinnya berbeda dengan merek Jepangan. Suara mesinnya mirip-mirip dengan Vespa. Saat gas diputar tenaga mengalir mulus meski Kompas.com hanya menjajal sampai 50 kpj karena keterbatasan area.

Kesimpulan

Desain SR-GT 200 menarik karena bergaya urban adventure yang cukup segar. Penyesuaian motor ini mudah dan punya detail yang diperhatikan. Penyesuaiannya hanya di tinggi jok untuk mayoritas orang Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.