Kecelakaan Truk Cibubur Mirip dengan Kasus Balikpapan, Ini Fatalnya Bila Rem Truk Blong

Kompas.com - 19/07/2022, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan truk di area lampu merah kembali terjadi. Baru-baru ini, satu unit truk tangki Pertamina diduga mengalami rem blong dan menghantam sejumlah kendaraan yang berada di depannya.

Kecelakaan terjadi di Jalur Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Bekasi. Berdasarkan keterangan saksi yang berada di lokasi kejadian, truk tersebut menabrak mobil sebelum kemudian pindah ke lajur kiri dan menabrak motor.

Baca juga: Kecelakaan Cibubur, Daerah Rawan, Dugaan Rem Blong, dan Pelajarannya

Karena kondisi lalu lintas sedang macet dan berada di area turunan, tabrakan pun tidak terhindarkan. Akibatnya, sebanyak 11 orang meninggal dunia dalam kecelakaan maut tersebut.

Bukan yang pertama kalinya terjadi, sebelumnya kecelakaan serupa terjadi di Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat, 21 Januari 2022 yang lalu.

Truk tersebut juga diduga mengalami rem blong, tepat sebelum lampu merah. Lampu merah tersebut berada di akhir jalan yang berkontur turunan, sehingga truk akhirnya menabrak sejumlah kendaraan yang tengah berhenti karena lampu merah.

Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. Kecelakaan yang diduga karena truk mengalami rem blong itu mengakibatkan sedikitnya 4 orang tewas, 1 orang kritis, 3 orang mengalami operasi tulang patah, dan 5 orang luka ringan.HO/TANGKAPAN LAYAR CCTV DISHUB B Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. Kecelakaan yang diduga karena truk mengalami rem blong itu mengakibatkan sedikitnya 4 orang tewas, 1 orang kritis, 3 orang mengalami operasi tulang patah, dan 5 orang luka ringan.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Truk Tangki BBM di Cibubur, Diduga karena Rem Blong

Setelah menabrak kendaraan, truk terlihat masih melaju kencang karena dugaan rem blong, menyebabkan hingga 21 orang meninggal dunia.

Bahkan di kawasan Muara Rapak tersebut, warga setempat mengatakan bahwa peristiwa sama sudah terjadi berulang kali. 

Melihat kecelakaan serupa terjadi berulang kali, penempatan lampu merah di area turunan diduga menjadi salah satu penyebab fatalnya kecelakaan rem blong.

Warga sekitar jalan alternatif Cibubur pun mengeluhkan hal tersebut; kontur jalan turunan yang dipasangi lampu merah dianggap mengabaikan keselamatan pengguna jalan.

Warga kemudian meminta pihak berwenang untuk meninjau ulang penempatan lampu merah yang berada di area turunan. Selain menambah kemacetan, kendaraan besar rawan mengalami rem blong dan memakan korban jiwa yang jauh lebih banyak.

Kondisi terkini Jalan Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Kota Bekasi, Selasa (19/7/2022).KOMPAS.com/JOY ANDRE T Kondisi terkini Jalan Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Kota Bekasi, Selasa (19/7/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.