Ganti Ban Motor, Jangan Pilih Ukuran Besar demi Gaya

Kompas.com - 15/07/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti ukuran ban motor memang bisa menjadi cara untuk mengubah tampilan. Apalagi jika diganti dengan ukuran yang lebih besar, tongkrongan motor jadi lebih padat kaki-kakinya.

Namun, mengganti ukuran ban jadi lebih besar sebenarnya tidak disarankan. Walaupun ban yang lebih lebar jadi punya luas kontak yang lebih besar dari standarnya.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, pihaknya tidak menyarankan untuk mengganti ban motor dengan ukuran yang tidak sesuai standar.

Baca juga: Isuzu Mu-X Jadi Lebih Garang, Modal Pakai Ban Besar

Ilustrasi teknisi sedang memasang ban motor pada pelek menggunakan mesin khusus.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi teknisi sedang memasang ban motor pada pelek menggunakan mesin khusus.

"Kalau kita sebetulnya tetap menyarankan untuk mengganti dengan ukuran yang sama. Tapi, kita tidak bisa memaksa orang, karena itu uang dan motor mereka," kata Dodi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sebenarnya bisa saja mengganti ukuran ban jadi lebih besar, tapi jangan kelewatan ukurannya. Dodi menyarankan, kalau memang mau ganti, ukurannya bisa naik satu tingkat saja dari ukuran standar.

"Sebenarnya ada aturan teknis yang diikuti. Kalau dari kita sebaiknya ganti ukuran sama atau kalau mau menaikkan yang lebih lebar, naikkan satu step. Masih aman," katanya.

Baca juga: Lebih Bongsor, Intip Spesifikasi Generasi Keenam Honda CR-V


Misal, ban belakang skutik entry level seperti Honda BeAt punya ukuran standar 90/90-14 maka bisa diganti dengan menaikkan satu ukuran jadi 100/90-14.

"Kalau ganti ukuran 110/90 atau lebih besar lagi takutnya peleknya tidak cocok. Di pelek itu sebetulnya ada toleransinya, misalkan pelek ukuran lebar 1,60, itu untuk ban lebar apa saja ada ukurannya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.