Kompas.com - 14/07/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor matik alias skutik, biasanya akan panik ketika sedang melakukan perjalanan tiba-tiba mesin mati mendadak.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, namun Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Semarang Rofiudin mengatakan, biasanya urusan mesin yang matik mendadak tak lepas dari masalah busi.

Faktor ada dua, yakni karena celah elektroda yang terlalu renggang, dan kedua akibat kerak busi yang menyebabkan percikan bunga api tidak stabil. 

"Gap celah busi lebih dari 1 mm mesin tidak bisa idle. Kalau sudah panas berlebih kadang mesin mati sendiri. Sebelumnya, ada gejala yang bisa dirasakan pemilik sepeda motor, seperti bensin lebih boros dan larinya kurang tenaga," kata Rofiudin, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Baca juga: Pilih Mana, Ganti Radiator OEM atau Servis Radiator?

Rofiudin melanjutkan, untuk mendeteksi hal tersebut, pemilik bisa memantan kondisi pembakaran melali warna busi saat dicabut.

Busi berwarna merah bata menandakan kompresi tekanan mesin masih baik. Sedikit berbeda bila saja warna busi kehitaman, bisa jadi ciri-ciri adanya masalah kompresi. 

Kondisi elektroda busi motor Kompas.com Kondisi elektroda busi motor

"Dari tampilan di ujung kepala elektroda busi lapisan kotoran menempel. Analisa bengkel sistem pengapian lemah disebabkan penyumbatan lubang injektor, atau dari kabel busi," ujarnya.

Tak hanya itu, dia menambahkan, komponen fuel pump yang mati atau sudah mulai lemah bisa jadi dalang penyebab motor susah hidup.

Kondisi ini diklaim bisa dikenali dengan adanya suara dengungan kecil yang berasal dari tangki bensin. 

"Cek apakah terdengar suara dengung dari tangki bensin setelah kontak On. Bila suaranya terdengar sangat kecil bisa jadi fuel pump lemah. Kalau kondisi masih bagus suaranya terdengar berbunyi keras," tambahnya. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.