Setelah Toyota GR Supra, BMW Z4 Juga Kebagian Transmisi Manual

Kompas.com - 14/07/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR Supra dan BMW Z4 M40i menggunakan basis mesin yang sama. Kedua mobil ini banyak digemari para pecinta kecepatan.

BMW sendiri membekali Z4 dengan transmisi otomatis 8-percepatan Sport Steptronic. Tapi, banyak juga akhirnya meminta pilihan transmisi manual.

Baca juga: Tangki Bahan Bakar Bermasalah, Toyota Supra dan BMW Z4 Di-recall

Toyota sudah mengabulkan permintaan konsumennya. Kali ini, kabarnya giliran BMW yang mengikuti langkah pabrikan asal Jepang tersebut, mengingat kedua model memang hasil kolaborasi sharing platform.

Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Rabu (13/7/2022), BMW juga akan menawarkan sistem transmisi manual 6-percepatan pada mesin 4-silinder sDrive 30i, untuk pasar tertentu, seperti Amerika Serikat.

Namun, muncul dugaan bahwa unit yang diproduksi tidak akan banyak. Sebab, pabrik Magna Steyr yang memproduksi BMW Z4 dan Toyota GR Supra mulai membangun kendaraan listrik.

Baca juga: Mau Balapan Pakai BMW Z4 GT3 dari Rumah?

BMW Group Indonesia juga memasarkan Z4 Roadster sejak April 2019. Sedan sport ini diluncurkan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 dan sekarang dibanderol Rp 1,645 miliar (off the road).

Untuk dapur pacunya, mesin 4-silinder berkapasitas 1.998 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 258 tk dan torsi maksimum 400 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.