Belajar Mobil, Jangan Pernah Mengabaikan Pendalaman Teori

Kompas.com - 08/07/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar mengemudikan mobil tidak hanya sebatas pada praktik saja. Jangan pernah melupakan pembelajaran teori yang perlu dipahami untuk menambah pengetahuan pengemudi terkait operasional mobil dan aturan berkendara di jalan raya.

Untuk mendapatkan bimbingan latihan yang baik, pengemudi baiknya belajar mobil di instansi kursus mengemudi yang terpercaya. Dengan berlatih di instansi, ada instruktur berpengalaman yang mendampingi, mobil operasional khusus latihan, dan pembekalan teori.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, sebelum praktik mengemudi di jalan, peserta wajib mengikuti kelas teori terlebih dahulu.

Baca juga: Mengapa Main Ponsel Saat Mengemudi Mobil Itu Berbahaya?

Pada kelas teori, yang dibahas adalah persiapan fisik dan psikis pengemudi, teknik pemeriksaan kendaraan, persiapan sebelum mengemudi, dan teknik mengemudikan kendaraan yang benar.

"Jadi ketika tahap praktik, peserta juga melakukan apa yang sudah dipelajari melalui kelas teori. Dengan begitu, peserta akan mengetahui cara berkendara yang baik," ucap Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian saat belajar mobil, Marcell menyarankan pemula untuk melakukannya secara berturut-turut, bukan selang seling.

Ilustrasi berkendara.unsplash.com/Viktor Bystrov Ilustrasi berkendara.

Baca juga: Tanpa Seremoni, Toyota Calya Baru Hadir Lebih Sporty dan Modern

"Sebaiknya dilakukan secara berturut-turut, tidak selang seling. Hal tersebut dikarenakan materi yang sebelumnya masih segar sehingga tidak ada penurunan penyerapan materi yang terlalu besar," ucap Marcell.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan bahwa pemula cenderung tidak teredukasi membaca rambu-rambu.

Rambu-rambu sendiri menjadi salah satu pembelajaran teori yang harus dipahami oleh pengemudi saat belajar mobil. Sony mengatakan, apa yang harus dilakukan untuk menghindari atau mengantisipasi bahaya di jalan raya ditandakan melalui rambu-rambu lalu lintas.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Masih Bisa Jalan meskipun Indikator Bensin E

"Kalau kita lihat kecelakaan, banyak sekali itu akibat dari pelanggaran lalu lintas," ucap Sony.

Sony menekankan, bahwa saat belajar mengemudikan mobil, yang dipelajari tidak hanya sebatas operasional kendaraan saja, tapi juga pemahaman akan aturan seperti rambu-rambu lalu lintas.

"Jadi, belajar tidak hanya operasional, tapi lihat rambu-rambunya. Apa yang harus dilakukan untuk menghindari bahaya, itu rambu-rambunya sudah menandakan," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.