Paket Konversi Motor BMW Jadul Jadi Motor Listrik

Kompas.com - 07/07/2022, 18:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin boxer BMW Motorrad merupakan salah satu mesin sepeda motor yang paling ikonik. Namun sesuai tren, ke depan motor berbahan bakar bensin dipercaya bakal tergerus zaman.

Untuk itu, perusahaan rintisan asal Belanda, LM Creations menyediakan konversi kit mesin boxer BMW menjadi listrik. Sehingga motor-motor klasik BMW bermesin boxer bisa hidup lebih lama jadi motor listrik.

Baca juga: Cari MPV Murah di Bawah Rp 250 Juta, Cek Daftarnya

Perusahaan rintisan asal Belanda, LM Creations menyediakan konversi kit mesin boxer BMW menjadi listrik.Foto: Rideapart Perusahaan rintisan asal Belanda, LM Creations menyediakan konversi kit mesin boxer BMW menjadi listrik.

Paket konversi ini kompatibel dengan beberapa varian BMW jadul semisal R45, R60, R65, R75, R80, R90, dan R100 (1969-1995). Bisa juga dipakai di beberapa model lain tapi butuh sedikit penyesuaian.

Mengutip Rideapart, paket konversi ini terdiri dari unit daya atau dinamo, paket baterai dan charger. Menariknya desain paket konversi BMW EV ini mirip dengan mesin bensin sehingga dari tampilan masih mirip motor standar.

Perbedaannya ialah bentuknya lebih ringkas karena pada dasarnya tidak mungkin 100 persen sama seperti mesin aslinya. Kemudian perbedaan lain sesuai habitatnya motor listrik tidak memakai knalpot.

Baca juga: Desain Puitik Glenn Hartanto di Republik Mauritius

Perusahaan rintisan asal Belanda, LM Creations menyediakan konversi kit mesin boxer BMW menjadi listrik.Foto: Rideapart Perusahaan rintisan asal Belanda, LM Creations menyediakan konversi kit mesin boxer BMW menjadi listrik.

Paket konversi ini dibekali dinamo berdaya 72V yang mampu menghasilkan 26,8 tk. Catu daya disokong baterai 4,3 kWh yang mampu membawa motor sejauh 80 km sekali isi.

Konsumen dapat memilih dua tipe charger antara 1,8 kW atau 3,3 kW untuk tipe fast charging. Charger tersebut dapat dipakai setidaknya 2.000 siklus pengisian daya dengan total jarak tempuh 160.000 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.