Kompas.com - 07/07/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah komponen sepeda motor mengalami kenaikan harga pada Juli 2022. Meski begitu, harga ban motor terpantau masih stabil pada bulan ini.

Seperti diketahui, pada awal tahun ini sejumlah produsen ban telah menaikkan harga jualnya. Kenaikan harga biasanya mengikuti kenaikan biaya komponen maupun bahan baku.

Tak berselang lama, harga ban kembali mengalami kenaikan pada pertengahan tahun. Hal ini terjadi karena krisis material yang dialami banyak industri, termasuk produksi ban motor.

Baca juga: Pilihan SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta

Ilustrasi teknisi sedang memasang ban motor pada pelek menggunakan mesin khusus.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi teknisi sedang memasang ban motor pada pelek menggunakan mesin khusus.

Harga ban motor bulan ini belum ada perubahan, masih sama seperti bulan lalu,” ujar Kusnadi, Kusnadi, pemilik toko Warung Ban di Depok, Jawa Barat kepada Kompas.com (7/7/2022).

Menurutnya kenaikan harga ban motor tak melulu setiap awal tahun. Ada merek yang melakukan revisi harga pada pertengahan tahun ataupun akhir tahun.

Meski begitu, penyesuaian harga ban motor biasanya terjadi secara merata di berbagai wilayah secara nasional.

Baca juga: Suzuki Jimny 5-Pintu Tertangkap Kamera Sedang Dites

"Harga ban itu kurang lebih sama, atau beda-beda sedikit tergantung tokonya, baik itu di Depok maupun Jakarta dan sekitarnya, sebab penyesuaian harga ini resmi dari supplier-nya langsung," ucap Kusnadi.

Sementara itu, FDR Division Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) Zandhy Utama mengakui bahwa produksi ban saat ini masih punya beberapa kendala. Namun demikian, ia memastikan belum ada kenaikan harga yang terjadi saat ini.

So far memang kami lagi ada kendala di material. Karena sekarang material lagi susah juga, karena urusan global juga, jadi pasti berdampak,” kata Zandhy, belum lama ini.

“Terkait dengan pengadaan dan harga-harganya ini. Itu yang kami semua coba redam, supaya kami tetap bisa berproduksi, bisa untuk men-support kebutuhan nasional. Tapi stok aman, produksi ban sekarang ini masih lancar,” ujar dia.

Baca juga: Toyota GR Yaris Bakal Semakin Langka di Indonesia

Ban motor IRC dan Zeneos kini hadir tanpa pembungkus plastikDok. Gajah Tunggal Ban motor IRC dan Zeneos kini hadir tanpa pembungkus plastik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.