Minat Toyota Alphard Edisi Batik, Harus Inden 3 Bulan

Kompas.com - 07/07/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota New Alphard tipe G menjadi salah satu produk edisi khusus yang dijual terbatas dari hasil kolaborasi Auto2000 dengan Iwan Tirta Private Collection.

Beberapa bagian interior, kini dibuat dari bahan dasar katun berkualitas mewah oleh pengrajin andal Iwan Tirta dengan desain batik motif Kukilo Sapanti alias burung sepasang.

Namun, tak seperti Kijang Innova 2.0V yang juga diberi sentuhan serupa, peminatnya harus melakukan pemesanan lebih dahulu (pre-order) untuk bisa menggarasikan mobil tersebut.

Hal ini, sebagaimana dikatakan National Sales Division Head Auto2000, Yagimin, mobil harus inden 3-4 bulan karena ada penyesuaian produksi dari pabriknya.

Baca juga: Daihatsu New Sigra Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 129,5 Juta

Interior Alphard Heritage Edition yang dijual terbatasKOMPAS.com/Ruly Interior Alphard Heritage Edition yang dijual terbatas

"Selain itu, pihak Iwan Tirta juga membutuhkan waktu dalam pengerjaan kurang lebih sebulan. Jadi harus dipesan dulu dan ini hanya untuk tipe G saja," katanya saat ditemui di Astra Tower, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Kondisinya cukup berbeda dengan Kijang Innova sehingga produk terkait bisa langsung dipatok jumlah unitnya yakni 65 unit. Tapi diperkirakan bila Alphard edisi spesial tersebut bakal juga dibatasi penjualannya.

Adapun alasan Auto2000 hanya menggunakan tipe G pada model Alphard sebagai edisi terbatas berinterior batik, karena peminatnya lebih banyak dibanding tipe lainnya.

"Ini kita pilih tipe tersebut karena untuk Alphard kebetulan yang ada itu tipe G dan dominan. Kalau tipe lain kan memang ada tapi tidak banyak permintaannya," ucap Yagimin.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Marka Chevron dan Sanksinya bila Melanggar

Interior Alphard Heritage EditionKOMPAS.com/Ruly Interior Alphard Heritage Edition

Lebih jauh, beberapa bagian yang diberi sentuhan batik ialah head rest cover, cushion, dan tumbler.

Desainnya menampilkan motif Kukilo Sapanti yang berasal dari bahasa Jawa, Kukilo berarti Burung yang diwujudkan dalam tarian tradisional Jawa, dan Sapanti berarti sepasang.

Sementara untuk Kijang Innova 2.0V, ada pada seat cover, neck cushion, cushion, dan door trim, serta stiker eksklusif di pilar C bodi.

Soal harga, Kijang Innova 2.0V A/T Luxury Heritage Edition dibanderol Rp 461,2 juta sementara New Alphard 2.5 G A/T Heritage Edition Rp 1,348 miliar. Secara umum, ada perbedaan sekitar Rp 12 juta dari model biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.