Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Pemula, Kenali Pilar Mobil Supaya Aman Mengemudikan Mobil

Kompas.com - 07/07/2022, 11:58 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara melalui jalan yang sempit menjadi salah satu tantangan tersendiri buat pengemudi mobil pemula. Kurang perhitungan dapat membuat bodi mobil tergores atau bersenggolan dengan kendaraan lain.

Penting bagi pengemudi untuk mengenali dengan baik dimensi kendaraan yang akan dikemudikan dan letak pilar-pilar pada mobil.

Baca juga: Bagnaia Kecelakaan Mobil karena Minum Alkohol

Memahami letak pilar A, B dan C pada mobil penting untuk menjadi patokan bagi pengemudi saat akan bermanuver seperti melakukan belokan.

"Potensi-potensi terserempet juga menjadi kecil. Ilmu ini bisa diasah oleh pengemudi dengan seringnya mencuci mobil secara mandiri," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, pilar A merupakan pilar di bagian jok depan atau kaca depan. Pilar B terdapat di samping jok pengemudi dan penumpang depan, sedangkan pilar C adalah di bagian kaca belakang.

Ilustrasi berkendara.unsplash.com/Viktor Bystrov Ilustrasi berkendara.

Baca juga: Suzuki S-Presso Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 155 Juta

Agar visibilitas pengemudi bisa tetap baik selama berkendara, Sony mengatakan bahwa pandangan pengemudi harus luas keluar kendaraan sehingga blind spot pada kendaraan semakin kecil.

Baca juga: Tanpa Lulus Uji Emisi, Jangan Harap Kendaraan Bisa Perpanjang STNK

"Sering kali di saat-saat itu pengemudi gagal dalam melihat secara luas akhirnya mengubah posisi duduk. Hal ini tidak diperkenankan karena merubah posisi duduk menjadikan kemampuan pengemudi dalam mengantisipasi menjadi berkurang," ucap Sony.

Kemudian, Sony juga mengimbau pengemudi untuk memperhatikan kecepatan kendaraan. Melintaslah dalam kecepatan yang rendah, kemudian lakukan semua dengan hati-hati,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com