Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Pakai Ban Cacing Motor Bisa Irit Bahan Bakar?

Kompas.com - 07/07/2022, 09:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Modifikasi sebenarnya sah-sah saja yang dilakukan, selama tidak menyalahi aturan apalagi sampai menyangkut unsur keselamatan berkendara.

Seperti diketahui, di kalangan sepeda motor sampai saat ini tren modifikasi Thailook masih cukup digemari. Salah satu keunikannya adalah menggunakan ban kecil alias cacing.

Penggunaan ban cacing untuk motor harian dinilai sangat kontradiktif dengan unsur keselamatan.

Tapi pada lain sisi, selain karena modifikasi, pergantian ban dilakukan dengan alasan mendapat efisiensi BBM maksimal karena sektor kaki-kaki yang lebih enteng. 

Baca juga: Motor Sering Gas dan Rem Mendadak, Benarkah Ban Bisa Cepat Habis?

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bengkel Astra Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, ukuran profil ban standar motor yang diubah bukan dapat sisi positif tapi malah negatif. 

Ban balap khusus drag bikeDok. Mizzle Ban balap khusus drag bike

"Ban cacing traksi rawan licin kalau musim penghujan atau banjir. Alur ban semakin mengecil, dampaknya daya cengkram ban dengan permikaan jalan juga turun. Ketika melewati jalan berlumpur atau sambungan perlintasan rel ganda sepeda motor bisa tergelincir," kata Nurhadi, kepada Kompas.com, Rabu (6/7/2022). 

Dia menjelaskan, jarak aman pengereman sepeda motor juga bisa berkurang signifikan dikarenakan traksi daya cengkram ban berkurang disebabkan ukuran profil ban tidak sesuai.

"Perhitungan jarak aman pengereman jadi berubah, biasanya ketika rem mendadak motor bisa langsung berhenti. Efek ganti ban kecil ini disebabkan tapak alur permukaan ban gaya geseknya kecil jadi memperlambat jeda waktu pengereman," tuturnya. 

Baca juga: Krisis Bahan Baku, Harga Ban Motor Bakal Melonjak

Mirisnya, kata dia, risiko pelek pecah karena ban kecil dan ban cacing digunakan harian juga lebih besar. Terutama bila sepeda motor digunakan pada medan-medan jalan berlubang. 

Motor listrik untuk drag bike buatan Petrikbike yang berkolaborasi dengan Aitech RacingKompas.com/Donny Motor listrik untuk drag bike buatan Petrikbike yang berkolaborasi dengan Aitech Racing

"Risikonya pelek peyang karena menghajar lubang atau paling fatal pas lagi speeding tiba-tiba pelek bisa pecah karena jalanan bergelombang," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com