Pentingnya Melakukan Pergantian Oli Gardan pada Skutik

Kompas.com - 29/06/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sistem pelumas sepeda motor manual berbeda dengan skutik yang memiliki oli gardan

Mekanisme oli gardan pada skutik, bertugas melumasi dan melapisi agar gesekan beberapa komponen tidak menyebabkan overheat. 

Untuk itu, pemilik baiknya tak hanya fokus dalam ritual mengganti oli mesin saja, tapi juga pelumas gardan. Biasanya pabrikan merekomdasikan pergantian tiap jarak 8.000 kilometer (km). 

Bila sampai terlambat, ada risiko yang sangat merugikan bagi pemiliknya. Bahkan berpotensi membuat kantong jebol.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar Dulu

Ilustrasi oli gardan.Ghulam/Otomania Ilustrasi oli gardan.

Herta Arcadia Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Mranggen mengatakan, oli gardan jika bekerja optimal mekanisme sistem perpindahan gigi otomatis berjalan lebih halus. 

Efek kerusakan yang bisa terjadi akibat telat ganti oli gardan, bisa menyebabkan roda belakang terkunci karena propeller shaft kering. 

"Telat ganti oli gardan bila tidak ada kebocoran seal blok CVT,  timbul bunyi berisik dan jika dibiarkan roda belakang bisa macet," ujar, Herta kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022). 

Hal yang sama juga disebutkan Shokib, Pemilik Bengkel Malam. Secara spesifik, posisi letak komponen CVT rawan kemasukan air terutama bila sepeda motor melewati banjir. 

Baca juga: Jangan Asal, Oli Motor Matik dan Manual Ada Bedanya

Fungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutikKompas.com/Donny Fungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutik

"Habis motor melewati genangan banjir, celah lubang pembuangan blok CVT bisa jadi jalur masuknya air. Jika dibiarkan bakal bercampur lumpur dan dalam jangka panjang gigi penggerak akan aus," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.