Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Merawat Power Window agar Awet Terus

Kompas.com - 29/06/2022, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil zaman now rata-rata sudah menggunakan fitur power window untuk memudahkan dalam membuka atau menutup jendela.

Cara kerjanya yang sudah tidak menggunakan komponen motor penggerak alias otomatis, perlu didukung dengan perawatan agar fungsinya tetap normal.

Menyoal perawatannya pun cukup simpel dan terbilang mudah untuk dilakuka sendiri.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman mengatakan, untuk merawat power window sebetulnya tidak perlu peralatan khusus, cukup dengan memperhatikan beberapa hal sederhana yang bisa membuat pengoperasian power window bebas dari masalah.

Baca juga: New Mitsubishi Colt L300 Masih Impor dari Filipina

Power window bekerja menggunakan motor listrik untuk mendorong atau menurunkan jendela. Jadi, harus dipastikan bila tidak ada beban yang menghalangi kerja motor,” ujar Suparman kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Beban yang dimaksud bisa datang dari mana saja, tapi pada umumnya dari sektor kaca sendiri.

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

Contohnya, seperti kotoran atau debu yang menempel. Sehingga ketika jendela di buka, debu tersebut berpotensi masuk ke ruangan mekanis power window yang bila sampai terjadi pengendapan kotoran, otomatis akan berdampak pada kerja motor listrik.

“Hal lain yang juga wajib dicek adalah karet list pada kaca. Bila kondisinya sudah mengeras, atau tak lagi elastis baiknya jangan ditunda untuk mengganti karet tersebut,” kata dia.

Baca juga: Dana Rp 20 Jutaan Bisa Upgrade Innova 2012 Jadi Innova 2015

Dikhawatirkan karena karet yang mengeras bisa menghambat kerja keluar masuk kaca yang membuat motor listrik menjadi berat. Pengerasan karet biasanya terjadi karena mobil kerap dijemur langsung di bawah terik matahari.

“Kebersihan kaca dan list karet tadi juga tidak bisa dianggap remeh. Biasakan tidak membiarkan debu terlalu lama hinggap di permukaan kaca, karena bila didiamkan bisa membuat debu masuk ke bagian dalam pintu yang membuat motor elektrik jadi kotor,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com