Kompas.com - 28/06/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Busi pada sepeda motor menjadi komponen yang krusial. Bila fungsinya sudah tak optimal, dampaknya bisa mempengaruhi performa mesin. 

Untuk itu, wajib bagi pemilik motor memperhatikan kondisinya. Tak kalah penting jangan asal memilih busi, terutama untuk pengguna motor matik alias skutik

Kepala Bengkel Nusantara Sakti Penggaron Semarang Rofiudin mengatakan, pemilik motor matik tidak boleh sembarangan menggunakan busi saat melakukan pergantian. 

"Busi disesuaikan dengan sepeda motornya, untuk motor matik dan manual dari dimensi ukurannya berbeda," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (27/6/2022). 

Baca juga: Ganti Ketua, Ini Visi dan Misi Komunitas Calya Indonesia

Salah pilih busi, lanjut Rofiudin, efeknya bisa berakibat pada performa mesin. Cirinya bisa dipantau dari pembakaran mesin,  bau asap menyengat karena campuran bensin dan udara yang tidak seimbang. 

Kondisi elektroda busi motor Kompas.com Kondisi elektroda busi motor

"Percikan api di bahan bakar kurang, timbul pengaruh ke performa mesin. Bisa menimbulkan brebet juga pada mesin," tambahnya. 

Senada, Shokib, Pemilik Bengkel Malam mengatakan, kode busi dapat dibaca lewat angka tertera pada badan busi. 

"Misal, kode U27epr9, artinya angka 27 menunjukan suhu ideal pembakaran mesin," ujarnya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.